PAN Rekom Andi Nirwana Maju di Pilkada Bombana

336
Ketua DPW PAN Sultra, Abdurahman Shaleh menyerahkan rekomendasi DPP PAN kepada Andi Nirwana Sebbu untuk maju di Pilkada Bombana. Penyerahan itu dilakukan di sebuah tempat di Kota Kendari, Selasa (7/5/2024) FOTO :IST

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Jalan Andi  Nirwana Sebbu (ANS) untuk maju sebagai calon Bupati Bombana kini mulai terbuka. Partai Amanat Nasional (PAN) sudah memberi restu kepada anggota DPD RI Dapil Sulawesi Tenggara (Sultra) itu untuk maju di Pilkada 2024. Selembar rekomendasi sudah diterbitkan partai berlambang matahari terbit ini kepada ANS dan sudah diserahkan secara resmi oleh DPP PAN melalui DPW PAN Sultra.

Penyerahan rekomendasi tersebut dilakukan Ketua DPW PAN Sultra, Abdul Rahman Shaleh kepada Andi Nirwana di sebuah tempat di Kota Kendari, Selasa (7/5/2024). “Iya, saya sudah terima rekomendasi dari DPP PAN, diserahkan Pa Ketua DPW di Kendari. Harusnya itu Senin (6/5/2024) malam, tapi kebetulan saya baru tiba di Kendari pagi ini, jadi baru bisa dilaksanakan,” aku Andi Nirwana saat dihubungi lenterasultra.com.

Rekomendasi yang dikeluarkan DPP PAN itu bernomor 027/Pilkada/IV/2024 tertanggal 4 April 2024 dan diteken Yandri Susanto dan Eddy Soeparno masing-masing sebagai Wakil Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal DPP PAN. Selain menyetujui dan merekomendasikan Andi Nirwana Sebbu sebagai calon Bupati Bombana periode 2024-2029, DPP PAN juga mengeluarkan empat perintah tambahan kepada kandidat.

Pertama, ANS diminta mencari pasangan sebagai calon wakil bupati Bombana. Kedua, mendapatkan koalisi partai politik lain untuk memenuhi persyaratan pencalonan di Pilkada. Ketiga, melakukan komunikasi intensif dengan DPW, DPD, DPC dan DPRt PAN untuk menggerakan mesin partai dan membuat program pemenangan Pilkada 2024 “Terakhir, melaksanakan kerja-kerja politik cerdas, cepat dan konsisten agar dapat memenangkan Pilkada,” kata Yandri Susanto, dikutip dari rekomendasi DPP PAN itu.

Andi Nirwana sendiri mengaku berterima kasih atas kepercayaan PAN kepadanya yang memberikan rekomendasi pencalonan. Terkait penegasan dalam restu tertulis itu, politisi perempuan yang lebih dikenal dengan ANS ini mengaku sedang intens berkomunikasi dengan partai-partai lain khususnya yang memilii kursi di DPRD Bombana guna mencukupkan satu koalisi partai agar bisa mengusung kandidat.

“Kami juga sudah melakukan konsolidasi internal di PAN untuk menyusun strategi pemenangan Pilkada Bombana,” tambah istri H Tafdil, Ketua DPD PAN Bombana ini. Selain itu, ia terus membangun simpul-simpul relawan di masyarakat termasuk tentu saja bertemu warga Bombana untuk menyampaikan niatnya maju Pilkada dan gagasannya tentang Bombana di masa mendatang.

Related Posts
Petikan surat rekomendasi DPP PAN kepada Andi Nirwana Sebbu yang merestui pencalonan istri mantan Bupati Bombana, H Tafdil untuk maju di Pilkada 2024. FOTO :IST

 

Untuk diketahui, PAN Bombana hanya memiliki 3 kursi dari hasil Pemilu 2024 atau masih kurang dua kursi lagi sebagai syarat minimal untuk mengajukan pasangan calon di Pilkada Bombana. Selain PAN, ANS saat ini dikabarkan sudah sangat dekat dengan Partai Golkar yang memiliki dua kursi di DPRD. Beringin rimbun malah menjadikan ANS sebagai target utama kandidat yang akan diusungnya.

Buktinya, ANS ada diurutan pertama dari tiga nama yang masuk dalam daftar usulan DPD Golkar Sultra ke DPP Golkar agar dilakukan survey elektabilitas, untuk selanjutnya mendapatkan rekomendasi resmi dari partai. Sedangkan Ketua Golkar Bombana, Heryanto justru diletakan di posisi calon Wakil Bupati Bombana “Betul (nama-nama) itu memang usulan kami dari DPD 1 Golkar Sultra ke DPP,” aku Muhammad Basri, Sekretaris Golkar Sultra.

Untuk diketahui, surat yang isinya mengajukan nama ANS sebagai kandidat utama Golkar ini bernomor SUM-111/DPD/Golkar/III/2024 dengan empat lembar lampiran. Perihalnya tertulis usulan bakal calon gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati hingga walikota dan wakil walikota se Sultra. Surat tertanggal 27 Maret 2024 tersebut ditujukan kepada Ketum DPP Golkar Cq Waketum Korbid PP Golkar di Jakarta, dan diteken oleh Herry Asiku, Ketua Golkar Sultra dan Muhammad Basri, Sekretaris.

Nama-nama yang diusulkan DPD Golkar tersebut diperoleh setelah dilakukan rapat DPD Golkar Sultra dengan Ketua DPD Golkar kabupaten/kota tanggal 5 Maret 2024, lalu berdasarkan rapat pleno DPD Golkar Sultra tanggal 25 Maret 2024. Bombana menjadi daerah ke tujuh yang disebut dalam lampiran surat tersebut dengan nama Andi Nirwana ada diurutan pertama.

Dibawah nama Andi Nirwana ditulis pula nama Irda Siswanto dengan keterangan non partai dan Rahmat Jaya Rahman dengan keterangan Partai Golkar. Sementara di tabel Calon Wakil Bupati, Heryanto jadi kandidat Tunggal. “Nama-nama yang kami usul ini akan segera disurvey oleh DPP,” tambah Muhammad Basri.

Sebagai referensi, Andi Nirwana Sebbu (ANS) adalah istri H Tafdil, Bupati Bombana periode 2011-2016 dan 2017-2022. Saat ini, ANS masih menjabat sebagai anggota DPD RI periode 2019-2024. Meski kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI periode 2024-2029, tapi suaranya tidak masuk di empat besar peraih suara terbanyak atau tidak lagi terpilih.(red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU