Rabia Adawia Bertahan, Andi Nirwana Tersisih

Hasil Hitung Cepat Pemilu DPD RI Dapil Sultra

2,543
Tangkapan layar presentasi hasil hitung cepat The Haluoleo Institute terhadap Pemilu DPD Dapil Sultra. Dua petahana bertahan, dua gagal kembali ke senayan digantikan dengan dua wajah baru.

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Suara jumbo yang diperoleh Andi Nirwana Sebbu (ANS) hingga terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI pada Pemilu 2019 lalu tampaknya sulit ia pertahankan kembali. Istri mantan Bupati Bombana, Tafdil itu diprediksi gagal terpilih jadi anggota DPD RI pada periode 2024-2029. Padahal di Pemilu 2019 lalu, politisi perempuan ini sukses meraih 130.124 suara.

Prediksi tersisihnya ANS tersebut diungkapkan Naslim SA, Direktur Eksekutif The Haluoleo Institute, saat membacakan rilis hasil hitung cepat yang dilakukan lembaganya di Pemilu 2024, di sebuah hotel di Kendari, Kamis (15/2/2024). “Hanya ada dua calon petahana yang bakal bertahan. Salah satunya ibu Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan,” kata Naslim dihadapan puluhan jurnalis.

Sementara petahana lainnya masih diperebutkan antara dr Dewa Putu Ardika Seputra dan MZ Amirul Tamim. Hanya saja, The Haluoleo Institute (HI) tidak berani memastikan diantara keduanya yang akan tetap bertahan karena suara keduanya terpaut tipis berdasar hasil hitung cepat dan masih dalam batas margin error yakni tak sampai 1 persen selisihnya.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Kendati demikian, HI berani memastikan bahwa dua debutan di kandidasi DPD bakal melenggang mulus ke senayan. Keduaya adalah La Ode Umar Bonte dan Leni Andriani. “Hasil hitung cepat kami, Pak Umar Bonte cukup signifikan suaranya dan dominan mencapai 15,49 persen dari total pemilih. Sedangkan Leni mendapatkan 11,42 persen,” Naslim menimpali.

Pria yang sudah berpengalaman di dunia survey ini menjelaskan, khusus untuk DPD, suara yang masuk di lembaganya sudah mencapai 80, 29 persen atau relatif stabil. Dari jumlah tersebut, Wa Ode Rabiah memperoleh 8,63 persen dan relatif sudah diatas margin error dengan dua kandidat dibawahnya yakni dr Dewa dan Amirul Tamim yang diprediksi hanya mencapai 6 persenan.

Naslim mengungkapkan data-data yang diperoleh tersebut berasal dari hasil perhitungan suara berbasis C plano hasil dari 477 TPS yang ditetapkan sebagai sampel dari 8157 TPS se Sulawesi Tenggara. Ia juga mengklaim bahwa mereka yang terpilih di Pemilu 2019 lalu, berdasarkan hasil hitung cepat mereka, tak meleset dari pleno KPU. “Jadi, untuk Pemilu 2024 ini, kami juga yakin mendekati presisi,” tukasnya.

Secara khusus, Naslim menanggapi raihan suara La Ode Umar Bonte yang menurutnya cukup signifikan bahkan mengungguli para petahana. Menurut Direktur Eksekutif HI ini, calon DPD Nomor urut 10 tersebut sukses memanfaatkan media sosial untuk mendukung kampanyenya dengan berbagai konten yang menarik perhatian publik.

Untuk diketahui, saat Pemilu 2019 lalu, DPD RI Dapil Sultra yang memiliki jatah 4 kursi meloloskan Andi Nirwana Sebbu (ANS) dengan 130 ribuan suara, disusul Amirul Tamim dengan raihan 73.399 suara. Wa Ode Rabia Al Adawia menduduki kursi ketiga karena sukses meraih. 62.052 suara. Terakhir adalah dr Dewa Putu Ardika Seputra yang berhasil mendapatkan 52.480 suara.(red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU