Bombana Jadi Tuan Rumah Lasqi Tingkat Provinsi

1,267

 

Pj Bupati Bombana, Burhanuddin bersama Sekda Bombana, Man Arfa dalam sebuah kegiatan di daerah itu. Dalam waktu dekat, para pejabat ini bakal menjamu tetamu dari berbagai daerah di Sultra,yang akan hadir di Bombana, mengikuti kegiatan Lasqi tingkat Sultra. FOTO : DISKOMINFO KABUPATEN BOMBANA

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Tak sampai sebulan lagi, Kabupaten Bombana bakal meriah karena kehadiran duta-duta seni dan qasidah se-Sulawesi Tenggara (Sultra). Daerah itu baru saja dipilih menjadi tuan rumah festival Lembaga Seni dan Qasidah (Lasqi) tingkat provinsi yang rencananya digelar dari tanggal 10 sampai 15 November 2023.

“Tahun ini festifal Lasqi kelima. Alhamdulillah, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lasqi Sultra memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Bombana sebagai tuan rumah,” kata Man Arfa, Sekretaris daerah Bombana. Menjelang acara tahunan itu, Pemda Bombana mulai mempersiapkan diri menyambut peserta lomba dari 17 kabupaten dan kota di Sultra.

Selain melakukan pembenahan lokasi kegiatan yang dipusatkan di alun-alun depan Mesjid Raya Nurul Iman Kasipute, pihaknya sebagai panitia juga tengah berkoordinasi dengan pengelola hotel termasuk beberapa pemilik rumah warga untuk dijadikan tempat nginap semua kontingen yang akan berlaga di festival Lasqi kelima. “Karena fasilitas hotel yang ada kemungkinan tidak mencukupi, tempat nginap kontingan kami akan fasilitasi di beberapa rumah penduduk, tentu saja yang layak,” kata Man Arfa.

Related Posts

Sementara itu, Ketua Panitia Lasqi 5 Bombana, Ridwan mengatakan sampai saat ini, pihaknya baru menerima konfirmasi 10 kabupaten dan kota yang menyatakan siap mengikuti festival Lasqi di Bombana. Sementara 7 daerah lainnya belum melakukan pendaftaran. “Waktu pendaftaran sampai 9 November. Kemungkinan pesertanya akan bertambah,” ucapnya.

Meski begitu, Asisten Administrasi Umum Pemkab Bombana ini memastikan dari tujuh kabupaten dan kota yang belum mendaftar, tiga diantaranya yakni Muna Barat, Konawe dan Kolaka Utara tidak akan mengikuti lomba Lasqi kelima di Bombana. “Sudah ada konfirmasi ke panitia. Tiga daerah ini tidak ikut. Salah satu penyebabnya adalah kesiapan anggaran,” katanya.

Ridwan menambahkan, ada delapan jenis lomba yang akan dipertandingkan selama lima hari pelaksanaan Lasqi di Bombana. Kelima jenis lomba itu adalah lomba bintang vokalis cilik, lomba bintang vokalis remaja, bintang vokalis dewasa, lomba qasidah rebana klasik remaja, lomba qasidah rebana klasik dewasa dan lomba fashion show remaja baik putra maupun putri.

“Ada dua nomor lain yang ikut diperlombakan adalah nasyid beregu dan qasidah kolaborasi,” tambah pejabat yang dekat dengan wartawan ini. Ia menambahkan, sebagai tuan rumah, pihaknya akan berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para tetamunya. Untuk mencapai hal ini, panitia rutin menggelar rapat membahas persiapan.

Terkait penetapan Bombana sebagai tuan rumah Lasqi,  Ridwan berucap hal ini diputuskan saat perhelatan festival Lasqi skala kecil di Kota Kendari tahun 2022 lalu, Saat itu Kabupaten Bombana tampil sebagai juara.  “Insya Allah kami akan menyambut para tetamu dengan baik dan memberikan pelayanan maksimal selama berada di Bombana nantinya,” Ridwan, berjanji

Penulis : Adhi

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU