20 Tahun Jadi Terbaik, Bank Sultra Sabet Platinum Tropi

278
Piagam penghargaan diterima Bank Sultra dari Infobank. FOTO : ist

 

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Kinerja cemerlang yang ditunjukan Bank Sultra alias Bank Pembangunan Daerah (BPD) selama 20 tahun terakhir berbuah hasil manis. Sebuah penghargaan bergengsi bidang keuangan yang dirilis Infobank disabet Bank Sultra. Plakat berlabel Platinum disematkan. BPD dianggap sebagai lembaga perbankan di Indonesia dengan kinerja bagus dan pertumbuhan prospektif.

Penyerahan penghargaan ini dilakukan dalam ajang “28th Infobank Award 2023” di The Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Jumat, 25 Agustus 2023 lalu. Selain Bank Sultra, beberapa lembaga lain yang berhasil menyabet penghargaan serupa adalah BRI, BCA, BJB dan 7 bank lain di Indonesia.

Tropi ini disematkan Infobank pada lembaga perbankan yang menandai catatan penilaian kinerja positif selama dua dekade. Risetnya dilakukan sejak tahun 2003-2023. Biro riset Infobank menggunakan empat kriteria pendekatan pada penilaian performa kinerja lembaga perbankan layaknya kriteria yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti penilaian Rasio Keuangan, Good Corporate Governance dan Profil Risiko.

“Alhamdulilah berkat kepercayaan dari seluruh stakeholders dan masyarakat, Bank Sultra bisa terus meningkatkan performanya. Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan. Insya Allah kami terus berkomimen untuk bekerja baik demi meningkatkan kontribusi Bank Sultra kepada daerah dan masyarakat,” kata Dirut Bank Sultra, Abdul Latif.

Related Posts

Pemberian penghargaan itu juga dirangkai dengan acara ‘Infobank Banking Mastery Forum 2023’ bertajuk ‘Finding Your Bank’s Purpose: Penguatan dan Pengembangan Sektor Perbankan’ menghadirkan narasumber Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae dan Dewan Pakar Infobank Ignasius Jonan.

Sejumlah lembaga perbankan di Indonesia ikut berpartisipasi dalam ajang bergensi tersebut antara lain Bank Kalteng, Bank Mandiri,Bank BTN, Bank BJB Syariah, Bank Jatim dan 39 lembaga perbankan lainnya.
Selain lima tropi di atas, pada momen tersebut, Infobank juga memberikan penghargaan kepada 62 bank yang berhasil meraih predikat kinerja ‘Sangat Bagus’ berdasarkan perolehan rating terhadap 106 bank versi Infobank 2023.

“Tahun ini Biro Riset Infobank mengikutsertakan 106 bank umum untuk dirating. Namun, setelah data terkumpul, hanya didapat 97 bank yang memenuhi syarat, baik dari kelengkapan data maupun skor minimal 51%,” ungkap Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group.

Pemberian penghargaan ini, menurut Eko, merupakan bentuk apresiasi Infobank terhadap bankir-bankir perbankan nasional yang telah bekerja ekstra keras dengan dedikasi dan integritas tinggi, serta bentuk dukungan kepada industri perbankan nasional agar terus menjaga kinerja terbaiknya.

“Kami mengucapkan selamat dan sukses,” ujarnya. Meski berhasil mengukir kinerja terbaiknya, Eko berpesan kepada industri perbankan untuk tetap waspada dengan ekonomi global yang masih fluktuatif, baik akibat perang Rusia versus Ukraina yang belum diketahui kapan akan berakhir, maupun ancaman krisis pangan di belahan Eropa ketika badai inflasi belum juga mereda. Apalagi, program restrukturisasi kredit industri perbankan nasional akan berakhir pada Maret 2024.

“Industri perbankan nasional berhasil mengukir kerja terbaiknya, antara lain dengan raihan laba besar. Meski begitu, perbankan nasional harus tetap waspada dengan memperkuat kuda-kuda untuk menghadapi perkembangan ekonomi yang tidak selalu kondusif. Sebagai industri padat modal (capital intensive), penguatan permodalan selalu dibutuhkan, baik untuk menahan guncangan di saat krisis maupun kebutuhan modal untuk meningkatkan basis usaha di masa booming,” saran Eko (rilis)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU