KNPI Mubar Ajak Pelajar Perangi Narkoba

95
KNPI Muna Barat menggelar sosialisasi bahaya narkoba kepada pelajar di SMA N 1 Kusambi. Foto: Sry Wahyuni

 

LAWORO, LENTERASULTRA.COM – Maraknya penggunaan narkotika di lingkungan masyarakat, membuat DPD KNPI Kabupaten Muna Barat menggelar sosialisa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di SMA Negeri 1 Kusambi, Kamis 20 Juli 2023.

Dalam kegiatan itu, KNPI Mubar mengandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Muna untuk memberi pemahaman tentang bahaya narkoba kepada 80 peserta dari siswa kelas IX di sekolah tersebut.

Ketua DPD KNPI Mubar, Taufan mengatakan pemberantasan penyalahgunaan narkoba yang saat ini menjadi momok di lingkungan masyarakat adalah salah satu bagian dari komitmen organisasi tersebut. Dimana, salah satu tujuan yang akan dicapai organisasi itu ialah mewujudkan generasi muda yang cerdas tanpa narkoba.

Dikatakannya, pelajar menjadi sasaran utama dalam kegiatan tersebut karena banyak kasus narkoba melibatkan kaum tersebut. Menurutnya, penyebab karena beberapa faktor yang mendasari yakni gaya hidup hingga minimnya ilmu tentang bahayanya penyalahgunaan narkoba.

“Banyaknya pengedaran narkoba karena banyaknya ketidak tahuan adik-adik siswa tentang narkoba itu sendiri karena bentuknya sekarang ini ada yang mirip gula-gula dan lain sebagainya,” kata Taufan.

Untuk itu, ia berharap dengan terselenggaranya kegiatan tersebut pelajar dapat memahami betapa bahanya narkoba dan dapat menghindari penggunaannya. “Saya kira ini bukan hanya tanggung jawab kepolisian dan BNN, namun semua masyarakat maupun stekholder Yang ada di kabupaten Muna barat terhadap maraknya pengedaran narkoba. Karena tongkat estafet bangsa tentu ada ditangan kita maupun adik-adik siswa,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kusambi, La Rifu dalam sambutannya berharap seluruh siswa dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan memahami materi bahaya penggunaan narkoba. Pasalnya narkoba merupakan musuh yang perlu diwaspadai dan diperangi.

“Hati-hati memang dengan narkoba. Jangan mendekati ataupun masuk kedalamnya karena kalau sudah terjerumus akan susah keluar karena dampaknya besar. Untuk itu, lebih baik musuhi memang dari pada sudah terjerumus baru balik,” katanya.

Kemudian, ia juga sangat berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut di sekolah pimpinannya saat ini. Menurutnya kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi siswa maupun siswi disekolah tersebut. “Ini adalah Rahmat yang jatuh pada kita. Dan ini bukan kegiatan biasa, jadi saya ingatkan untuk ikuti kegiatan ini dengan baik,” tuturnya

Sementara itu, Wa Ode Harny Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNN Muna menyampaikan ada beberapa hal yang harus diperhatikan pelajar dalam memerangi penyebaran narkoba. Mulai dari memahami apa itu narkoba, jenis, dampak yang ditimbulkan, hingga cara memerangi narkoba. Adapun cara yang dapat dilakukan ialah menghindari narkoba dan pandai memilih teman bermain bergaul karena teman berpengaruh terhadap masa depan seorang anak.

 

Reporter: Sry Wahyuni
Editor: Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU

Bombana Butuh 670 ASN Baru

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Warga Bombana yang bercita-cita jadi Aparatur Sipil Negara (ASN), sebaiknya segera mempersiapkan diri. Tahun…