4 Rider Veteran Ini Kembali Balapan di MotoGP 2023 Usai Lama Hengkang

188
Test Rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

 

LENTERASULTRA.COM – Dengan berakhirnya Seri Le Mans, Prancis, maka MotoGP 2023 sudah melalui lima seri. Para penggemar balap pun dimanjakan dengan banyaknya balapan yang seru dan menegangkan, serta bejibun drama menarik yang terjadi baik di dalam maupun luar lintasan.

Uniknya, MotoGP 2023 juga sejauh ini menyajikan satu fakta unik, yakni kembalinya beberapa rider veteran yang sejatinya sudah lama hengkang atau bahkan pensiun dari kejuaraan ini. Mereka pun balapan dengan status wildcard atau pengganti.

Kehadiran para veteran ini seakan-akan mengobati kerinduan penggemar mereka yang dulu sedih melihat mereka berhenti berkompetisi atau pindah kejuaraan. Sejauh ini, terhitung ada empat rider veteran yang kembali, dan jumlahnya bisa bertambah pada sisa musim ini.

Nah, siapa saja sih pembalap veteran yang kembali balapan di MotoGP dalam lima seri pertama musim 2023? Dan siapa saja rider veteran lain yang berpotensi kembali berlaga di ajang ini? Simak ulasannya berikut ini yuk !

Jonas Folger diketahui menjalani debut MotoGP pada 2017 bersama Monster Yamaha Tech 3. Rider Jerman tersebut kala itu langsung tampil kompetitif dan bahkan sempat sengit berebut kemenangan dengan Marc Marquez di seri kandangnya, yakni balapan di Sirkuit Sachsenring.

Sayangnya, pada paruh kedua musim, Folger mendadak dirundung Sindrom Gilbert yang membuatnya harus vakum selama beberapa musim demi fokus pada pemulihan. Belakangan, ia sempat balapan lagi secara serabutan baik di Moto2 maupun WorldSBK sebelum digaet KTM jelang akhir 2022 lalu.

Folger yang kini berusia 29 tahun, dijadikan KTM sebagai test rider anyar untuk mendampingi test rider mereka yang lain, Dani Pedrosa. Ia juga bertugas sebagai rider pengganti untuk rider KTM dan GASGAS yang cedera, seperti Pol Espargaro yang absen selama beberapa seri belakangan.

Dani Pedrosa sejatinya sudah pensiun dari kompetisi MotoGP pada akhir 2018 usai 18 tahun membela Honda. Ia pun banting setir menjadi test rider KTM. Sejak itu pula, KTM kerap merayunya untuk kembali balapan dengan fasilitas wildcard, tetapi ia terus menolak.

Namun, Pedrosa akhirnya luluh juga pada rayuan itu. Usai menjalani wildcard pertamanya di MotoGP Austria 2021, tiga kali juara dunia tersebut kembali balapan di seri kandangnya, yakni di Jerez, Spanyol, musim ini. Ia ditugaskan untuk mengumpulkan data sebanyak mungkin untuk RC16.

Meski begitu, Pedrosa justru bikin gempar dengan mencatatkan waktu tercepat dalam sesi latihan pertama. Ia juga berhasil finis keenam di sprint race dan ketujuh di main race. Mengingat Pedrosa sudah berusia 37 tahun dan sudah lama tak balapan, hasil ini tentu sangat jempolan.

Masih berusia 23 tahun, Iker Lecuona memang tak cocok disebut ‘veteran’. Namun, ia menjalani debut penuhnya di MotoGP pada 2020 lalu bersama Red Bull KTM Tech 3 dalam usia yang masih sangat muda. Sayangnya, selama dua musim berkolaborasi, Lecuona tak bisa tampil kompetitif bersama RC16.

Rider Spanyol ini kemudian didepak oleh KTM, dan memilih menerima tawaran untuk membela tim pabrikan Honda di WorldSBK, Team HRC. Namun, menjelang digelarnya MotoGP Spanyol di Jerez, ia mendadak mendapat panggilan untuk membela Repsol Honda sebagai pengganti Marc Marquez.

Marquez yang kala itu cedera retak tulang ibu jari kanan, biasanya digantikan oleh test rider Honda, Stefan Bradl, setiap kali absen. Namun, kala itu Bradl tak bisa menggantikannya karena sudah lebih dulu dijadwalkan balapan dengan status wildcard. Alhasil, Lecuona pun dipanggil untuk menjalankan tugas jadi pengganti.

Berkat karakternya yang humoris, Danilo Petrucci tak pelak lagi merupakan salah satu rider favorit banyak fans MotoGP meski tak pernah jadi juara dunia. Alhasil, kehadirannya di MotoGP Le Mans, Prancis, untuk membela Ducati Lenovo Team membuat penghuni paddock berbahagia.

Petrucci diminta membela skuad yang menaunginya pada 2019-2020 itu untuk jadi pengganti sementara Enea Bastianini yang cedera retak tulang belikat kanan sejak Seri Portimao, Portugal. Meski sempat kecelakaan di sesi latihan, rider berusia 32 tahun ini berhasil meraih lima poin usai finis ke-11 di main race.

Nah, selain empat rider veteran ini, ada dua pembalap senior lain yang berpotensi kembali balapan di MotoGP tahun ini lho, Bolaneters. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

Kedua rider tersebut adalah Cal Crutchlow dan Alvaro Bautista. Crutchlow sendiri sudah pensiun dari MotoGP pada akhir 2020, tetapi kini menjabat sebagai test rider Yamaha. Mengingat Yamaha kini tak punya tim satelit, rider berusia 37 tahun itu dikabarkan akan balapan dengan status wildcard dalam beberapa seri.

Di lain sisi, usai hengkang dari MotoGP pada akhir 2018, Bautista pindah ke WorldSBK dan kini membela Aruba.it Racing Ducati. Juara dunia WorldSBK 2022 berusia 38 tahun ini pun belakangan mengaku akan menjalani tes MotoGP pada Juni. Rumor yang beredar menyatakan bahwa ia juga akan berlaga dengan status wildcard di salah satu seri.(bola.net)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU