Pemkab Mubar Serahkan Hibah Rp300 Juta Kepada Bawaslu

72
Pj Bupati Munq Barat menyerahkan hibah kepada Bawaslu Muna Barat. Istimewa

 

LAWORO, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Muna Barat kembali menguncurkan dana hibah senilai Rp300 juta kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) daerah itu, Senin, 9 Januari 2023.

Pj Bupati Mubar, Bahri menjelaskan bantuan hibah tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah daerah dengan memfasilitasi kebutuhan intansi itu dalam rangka penyelenggaraan pemilu. Dimana daerah juga memiliki peran penting sebagai salah satu sumber pendanaan instansi tersebut.

“Bawaslu ini kan instansi vertikal yang ada di kita. Dan tugasnya itu untuk memastikan penyelenggaraan pilkada serentak lancar, aman, tertib dan sukses. Oleh karena itu dalam mencapai tersebut mereka membutuhkan dukungan sarana dan prasarana, serta pendanaan. Sehingga kita Pemda memfasilitasi itu karena salah satuh sumber pendanaannya berasal dari kita (Pemda),” jelasnya.

-IKLAN-

Direktur Perencanaan Anggran Daerah Kemendagri itu menjelaskan hibah itu diserahkan dalam bentuk pemenuhan barang seperti pemberian 2 unit sepeda motor, laptop, dan printer.

“Hari ini yang kita berikan adalah hibah diluar Pilkada. Maka berdasarkan ketentuan yang ada hibah jenis ini pemenuhannya dalam bentuk barang,” tuturnya.

Bahri memaparkan, bantuan itu merupakan komitmen pemerintah daerah sebelum pelaksanaan tahapan dimulai di tahun 2022 lalu. Tidak saja itu, Bawaslu juga akan menerima kembali bantuan dana tahun ini untuk mendukung kelancaran pemilihan umum 2024.

“Untuk di 2023 dimasa tahapan, kita sudah anggarkan kurang lebih Rp3 miliar sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri. Dana sebesar itu diperuntukan untuk Bawaslu dan KPU,” tutupnya.

 

Reporter: Sry Wahyuni
Editor: Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU