Harga BBM Turun, Berikut Penyesuaian Terbaru BBM Nonsubsidi di Sulawesi

130
Antrean Panjang Salah Satu Pertamina di Kendari. Istimewa

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi mencatat penyesuaian harga jual produk bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi atau jenis bahan bakar umum (JBU). BBM yang dimaksud, yakni pertamax, pertamax turbo, dexlite, dan pertamina dex. Harga baru berlaku per 3 Januari 2023.

Hal tersebut diungkapkan oleh Supervisor Communication dan Relation Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Taufik Kurniawan saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (4/1).

Dijelaskan, harga terbaru BBM nonsubsidi ini sesuai penetapan harga yang diatur dalam Kepmen ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen Nomor 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga JBU atau BBM nonsubsidi.

“Untuk harga yang berlaku di Sulawesi produk pertamax (RON 92) disesuaikan menjadi Rp13.050 dari sebelumnya Rp14.200. Kemudian pertamax turbo sebesar Rp14.350 dari sebelumnya Rp15.500,” ungkapnya.

Sementara itu, kata Taufik, untuk harga dexlite sebesar Rp16.500, mengalami penurunan dari harga sebelumnya Rp18.650. Kemudian pertamina dex seharga Rp17.100 dari sebelumnya Rp19.200.

Related Posts

“Dibutuhkan koordinasi dan proses waktu dengan berbagai stakeholder untuk melakukan penyesuaian harga, karena Pertamina bisnisnya luas dari hulu ke hilir. Hal ini perlu dilakukan karena pemerintah harus ada dan mendukung ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Ia menuturkan, harga BBM nonsubsidi bersifat fluktuatif, sehingga dievaluasi secara berkala mengikuti tren dan mekanisme pasar. Pertamina melakukan penyesuaian harga mengikuti tren harga minyak dunia dan harga rata-rata publikasi minyak.

“Pada dasarnya, harga BBM nonsubsidi sudah seyogyanya harga pasar, namun untuk membuktikan bahwa pemerintah hadir, maka pada kebijakan sebelumnya ketika harga minyak dunia tinggi pemerintah meminta Pertamina untuk tidak menaikan harga,” ujarnya.

Lanjutnya, Pertamina berkomitmen penuh untuk menyediakan dan menyalurkan BBM berdasarkan prinsip availability, accessibility, affordability, acceptability dan sustainability.

Pihaknya turut memberikan apresiasi dan keuntungan untuk konsumen Pertamina yang setiap menggunakan produk-produk BBM berkualitas seperti Pertamax dan Dex series.

“Hingga 8 Januari 2023, khusus pembelian produk Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite minimum Rp200 ribu menggunakan aplikasi MyPertamina dengan metode pembayaran LinkAja, konsumen berkesempatan mendapatkan cashback saldo hingga 10 ribu rupiah,” tutupnya.

 

Reporter: Sri Ariani
Editor: Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU