Pj Bupati Mubar, Bahri Bakal Bangun Tiga Fasilitas Olahraga Tahun 2023 Mendatang

146
Pj Bupati Muna Barat, Bahri. Foto: Sri

 

 

LAWORO, LENTERASULTRA.COM – Pj Bupati Muna Barat, Bahri merencanakan sejumlah pembangunan fasilitas olahraga tahun 2023 guna meningkatkan prestasi daerah.

“Tahun depan kita mulai pembangunan beberapa fasilitas olahraga seperti kolam renang, lapangan futsal, dan lapangan basket,” kata Bahri pada Lenterasultra Rabu, 7 Desember 2022.

Bahri mengatakan bahwa pembangunan sejumlah fasilitas olahraga itu dalam rangka pembenahan dibidang olahraga. Menurutnya keadaan Muna Barat saat ini masih belum maksimal dalam mengikuti event besar olahraga seperti Porprov beberapa waktu lalu. Hal itu disebabkan karena ketidakterlibatan daerah itu pada beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Alhamdulillah capaian Muna Barat di Porprov 2022 sangat luar biasa dengan menempati posisi ke 7 dari 17 kabupaten dan kota yang ada di Sultra. Tapi saya yakin kita bisa melebihi itu jika kita mengikuti semua cabor,” ujarnya.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah itu mengaku banyaknya cabang olahraga yang tidak dikuti daerah itu dikarenakan kurangnya fasilitas penunjang. Oleh karena itu daerah akan mendukung semua keperluan dan fasilitas olahraga untuk meningkatkan pasaitas daerah itu kedepannya.

“Kedepan saya juga akan bantu dukung pembentukan cabor-cabor yang belum ada dan kita persiapkan itu agar di even Porprov mendatang kita bisa mengisi semua nomor perlombaan,” jelasnya.

Kemudian kata Bahri, pemerintah daerah juga akan menambah fasilitas untuk cabor-cabor yang sudah ada. Nantinya fasilitas itu akan disalurkan melalui bantuan dana hibah yang akan diberikan kepada masing-masing cabang olahraga yang ada di daerah tersebut.

“Berdasarkan Undang-Undang 11 tahun 2022 tentang keolahragaan dan desain besar olahraga pemerintah daerah memberikan batuan dana hibah kepada cabor dan KONI,” ungkapnya.

Untuk itu, Bahri meminta kepada masing-masing pengurus cabang olahraga yang ada untuk mengusulkan dana hibah yang dibutuhkan. “Silahkan cabor mengusulkan dana hibah. Usulannya itu meliputi program pembinaannya agar sistem itu terus berkelanjutan. Jangan hanya panas-panas tai ayam dan jangan nanti ada even Porprov lagi baru latihan karena itu harus tiap hari konsisten latihan” tuturnya.

“Kemudian diusulkan juga untuk sarana dan prasara latihannya,” Tambahnya.

Bahri juga mengaku akan mendukung dana dalam mengikuti even-even olahraga lainnya diluar pekan olahraga provinsi (Prorprov). Hal itu dilakukan untuk pengalaman para atlet. ” Kan ada even ada juga diluar Porprov yang harus di ikuti maka ajukan ke kita (Pemda), kemudia kita kasihkan hibah,” tutupnya.

 

Reporter : Sry Wahyuni
Editor: Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU