Sepakat Berdamai, Ratusan Buruh Dua TKBM Kembali Bekerja di Pelabuhan Kendari New Port

172
Konferensi Pers Pelindo bersama KSOP Kendari, foto : Burhan.

 

 

LENTERASULTRA.COM, KENDARI – Ratusan buruh dari dua tenaga kerja bongkar muat (TKBM) kembali bekerja di pelabuhan Kendari New Port Bungkutoko usai konflik internal buruh selama empat tahun terakhir.

Kedua TKBM yakni TKBM Karya Bahari dan TKBM Tunas Bangsa Mandiri dipekerjakan oleh PT Pelindo Kendari usai telah menyepakati berdamai.

GM PT Pelindo IV Kendari, Suparman mengatakan Kesepakatan damai itu telah dituangkan lewat pernyataan kedua belah pihak yang dipersyaratkan.

“Kami tidak ingin kegiatan bongkar muat di pelabuhan terganggu. Selama ini karena dua TKBM tidak mau akur sehingga tidak terjadi titik temu,”jelasnya, saat ditemui di kantor KSOP Kelas II Kendari, Rabu 17 November 2022.

Kata Suparman, Kedua TKBM itu telah bekerja sejak tanggal 10 November bertepaatan dengan hari pahlawan, sebelum dipekerjakan kedua TKBM ini kedua Koperasi TKBM ini telah memenuhi persyaratan dokumen sehingga dipekerjakan.

Related Posts

Sementara itu, Kepala KSOP Kelas II Kendari, Kolonel Marinir Agus Winartono kedua koperasi sudah memenuhi syarat berdasarkan rujukan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai operasional pelabuhan.

Peraturan yang dimaksud Agus yakni Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 59 tentang Penyelenggaraan Jasa Usaha Terkait Dengan Angkutan di Perairan.

“Jadi dalam aturan yang baru itu juga tidak membatasi harus satu koperasi yang boleh bekerja. Aturan ini menggantikan aturan sebelumnya yang menyebutkan harus satu koperasi,” ungkapnya.

Diketahui, seluruh koperasi TKBM yang berkonflik dikumpulkan bersama PT Pelindo IV di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari beberapa waktu lalu.

“Koperasi itu punya Online Data Sistem (ODS) versi Ferry mereka punya, tapi versi Syarifuddin tidak bisa tunjukkan,” tukasnya.

 

Penulis : Burhanuddin
Editor: Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU