Pj Bupati Parinringi Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kolut Masih Diandalkan Tekan Laju Inflasi

42
Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi saat mengikuti rakor online pengendalian inflasi. Foto: Rusli

 

 

LASUSUA, LENTERASULTRA.COM – Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dinilai masih tergolong tinggi jika disandingkan dengan beberapa kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra). Pemerintah setempat percaya diri jika geliat ekonomi daerahnya mampu diandalkan menekan laju pertumbuhan inflasi.

“Inflasi itu kan karena harga-harga melambung tinggi tetapi di Kolut normal saja dan justru ada yang terjun bebas. Tidak begitu terdampak,” klaim Pj Bupati Kolut, Parinringi saat mengikuti zoom meeting rakor pengendalian inflasi daerah, Selasa (8/11/2022).

-IKLAN-

Diterangkannya, pihaknya memang belum mengantongi angka pasti. Namun yang bisa dijadikan sebagai rujukan yakni berpatokan pada inflasi dari dua wilayah di Sultra yakni Kendari dan Bau-bau. Meski demikian, berdasarkan hasil pantauan di lapangan bisa disaksikan jika kondisi masih berjalan normal seperti biasa.

Belum lagi pasca gencarnya inflasi di sejumlah wilayah, Pemda langsung menggelar pasar murah, pembagian sembako hingga operasi pasar. Langkah itu diikuti dengan pemberdaayaan masyarakat berupa penggalakan tanaman cepat panen seperti bawang, cabai dan tomat.

“Jadi jika di daerah lain itu tomat saja per kg-nya naik jadi Rp 15 ribu-Rp.20 ribu, di sini masih dijual Rp 10 ribu per kg. Tidak terlalu berdampak namun tetap kami antisipasi, monitoring secara berkala,” tutupnya.

Penulis: Rusli
Editor: Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU