Pj. Bupati Buton Resmikan Pos Koramil Sampuabalo-Gunung Jaya

187
Pj Bupati Buton Basiran saat memberikan sambutan peresmian Pos Koramil Sampuabalo. Foto : Ist

 

PASARWAJO, LENTERASULTRA.COM – Pj. Bupati Buton, Basiran, bersama Dandim 1413 Buton, Letkol Armed Muh. Faozan dan Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen akhirnya meresmikan Pos Koramil 1413-13 Lasalimu yang dibangun di perbatasan Desa Sampoabalo-Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina.

Acara peresmian tersebut juga dirangkaikan dengan pencanangan penanaman bibit pepaya california pada pemanfaatan lahan pekarangan masyarakat serta peresmian rumah produksi olahan hasil laut “Ingkita” Dinas Perindustrian Kab. Buton di Desa Sampuabalo, Kecamatan Siotapina, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Dalam sambutannya, Basiran mengatakan pos Koramil yang baru saja diresmikan itu dibangun diatas lahan hibah dari Pemkab Buton. Pembangunan itu dinilai penting sebab TNI merupakan mitra strategis pemerintah, termasuk dalam pengendalian inflasi dan ketahanan pangan.

“Untuk itu perlu ada terobosan-terobosan khusus seperti yang sudah sering kita dengar bahwa tentara masuk desa,” jelasnya.

Buton-1 itu berpesan untuk tetap menjaga kerukunan di tengah masyarakat yang heterogen. Itu sejalan dengan tagline “Buton Selalu Di Hati” yang kini selalu dikampanyekan untuk menjadi pengingat dalam bertindak menjaga persatuan bangsa.

“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, poma masiaka, poangkakataka, popiapiara, pomamaeka. Hindari minuman keras, karena miras merupakan sumber konflik,” katanya.

Related Posts
Pj Bupati Buton Basiran disambut dengan atraksi silat dari tokoh masyarakat. Foto : Ist

Ia juga menjelaskan jika aksi penanaman pepaya california yang dirangkaian dengan peresmian itu merupakan merupakan upaya membangun sinergi bersama TNI dan Polri dalam penanganan masalah inflasi dan ketahanan pangan.

Makanya, Kepala BPKAD Sultra ini mendorong gerakan pemanfaatan lahan tidur, salah satunya dengan pencanangan penanaman pepaya california di pekarangan masyarakat. Termasuk pula menggalakkan penanaman sayur kelor karena tumbuhan itu memiliki manfaat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi.

“Ini juga termasuk usaha kita menurunkan stunting di Kabupaten Buton yang angkanya cukup tinggi yang diakibatkan pola makan,” kata Pj. Bupati Buton.

Dandim 1413 Buton, Letkol Armed Muh. Faozan mengajak untuk tetap menjaga persaudaraan di lingkungan setempat sehingga tercipta suasana yang kondusif. “Kedepannya Desa Gunung Jaya dan Sampuabalo akan dibina menjadi percontohan sebagai kampung Pancasila untuk hidup rukun dan berdampingan,” tutur Dandim Buton.

Pj Bupati Buton berfoto bersama Muspida Buton usai peresmian Koramil Sampuabalo Foto : Ist

 

Sementara itu, Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen mengapresiasi berdirinya pos Koramil tersebut. Menurutnya, keamanan telah menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang harus selali dijaga. Ia menilai berdirinya pos Koramil sebagai bentuk kolaboratif untuk melayani masyarakat. Sehingga kedepannya TNI-Polri dan seluruh elemen terkait bisa memberikan rasa aman kepada masyarakat. Adv

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU