Incar Akreditasi Paripurna, RSUD Djafar Harun Benahi Manajemen dan Mutu Keselamatan Pasien

25
Perawat di RSUD Djafar Harun, Kolaka Utara sedang melakukan pemeriksaan terhadap pasien. Foto: Rusli

 

 

LASUSUA, LENTERASULTRA.COM – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) berupaya mengoptimalkan menajemen dan peningkatan mutu keselamatan pasien di instansinya. Langkah RS plat merah tersebut guna mendapat pengakuan akreditasi paripurna yang ditarget 2023 mendatang.

Direktur RSUD Djafar Harun Kolut, dr. Syarif Nur menjelaskan, optimalisasi pelayanan pasien yang telah dilakukan diantaranya meliputi penyediaan alat modular operating thrater, peralatan kesehatan mata, pencacah limbah RS, mesin produksi oksigen, pemeriksa CT Scan hingga laboratorium PCR. “PCR kami yang terbaik dan terbesar di Sultra,” klaim dr. Syarif, Senin (19/9/2022).

Meski demikian, masih ada beberapa aspek penunjang lainnya dikatakan perlu dibenahi. Hal tersebut akan diupayakan secara bertahap guna melengkapi segala kebutuhan medis dan pasien di instansinya. “Dua tahun terakhir kan tidak ada penilaian akreditasi karena pandemi jadi kami manfaatkan untuk berbenah diri,” ucapnya.

-IKLAN-

Dikatakan, tahun ini RS yang dipimpinnya juga sedang merehab beberapa ruangan lama pelayanan pasien di beberapa titik terpisah. Adapun yang menjadi saran dan masukan untuk perbaikan menjadi catatan pihaknya guna dibenahi secara perlahan.

Untuk diketahui, standar akreditasi merupakan pedoman yang berisi tingkat pencapaian yang harus dipenuhi oleh RS dalam meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Hal tersebut juga mencakup standar pelayanan yang berfokus pada pasien melalui pendekatan manajemen resiko di RS itu sendiri.

 

Penulis: Rusli
Editor: Ode

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU