Tiga Wakil Rektor Intens Muhammadiyah Kolut Dilantik, Pemkab Siap Hibahkan Lahan Stadion Untuk Pembangunan Kampus

959
Prosesi pelantikan tiga Wakil Rektor, Dekan dan pejabat struktur Institut Teknologi dan Sains Muhammadiyah Kolaka Utara. Foto: Rusli

 

 

LASUSUA, LENTERASULTRA.COM- Tiga Wakil Rektor (Warek) Institut Teknologi dan Sains (Intens) Muhammadiyah Kolaka Utara untuk masa bakti 2022-2026 resmi dilantik. di Aula Islamic Centre, Lasusua, Senin 12 September 2022.

Ketiganya masing-masing Warek I Dr. Ridwan Deluma, Warek II, Hasbi Latif dan Warek III, Ir. H Zakaria Bakri. Mereka dilantik langsung Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Instens Muhammadiyah Kolut, Prof. Dr. H. Anwar Hafid.

Selain tiga Warek, pejabat lain yang ikut dilantik juga ialah Dekan dan pejabat struktural lainnya. Mereka diambil sumpahnya oleh Rektor Intens Muhammadiyah Kolut, H. Muh. Idrus.

Dalam acara itu juga dirangkaikan penandatangan MoU dengan Pemda Kolut terkait program kerjasama utusan desa serta MoU magister publik dengan Universitas Muhammadiyah Sinjai, Sulawesi Selatan.

Rektor Intens Muhammadiyah Kolut, H. Muh. Idrus mengatakan, Intens digagas pada 2021 dan bergerak lebih cepat mengantongi SK dari Kementerian Riset dan Teknologi RI, 5 Maret 2022. Di panggung sambutannya, Idrus mengulas lebih jauh suka-duka dalam mengurus perguruan tinggi itu yang dinilai sangat berkesan dalam memori orang-orang yang terlibat di dalamnya. “Kami masih sangat kewalahan soal anggaran. Kalau bisa bupati bisa membantu,” sentil Muh. Idrus.

Menanggapi hal itu, Pj. Bupati Kolut, Parinringi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lahan untuk pembangunan kampus Intens. Lahan itu sebelumnya sudah direncanakan sebagai lokasi pembangunan stadion di By Pass, Lasusua.

-IKLAN-

“Lahan itu sudah ditinjau bersama Bidang Aset dan Hukum Sekretariat Pemda. Setelah ditelaah jika memang tidak melanggar undang-undang maka Pemkab akan menghibahkannya untuk pembangunan kampus Intens,” beber Parinringi.

Parinringi berpendapat, pendidikan menjadi investasi jangka panjang yang manfaatnya sepanjang hayat. Pemkab sangat mensupport keberadaan perguruan tinggi di wilayahnya karena dinilai sebagai pilar dalam mencerdaskan putra-putri Kolut untuk kemajuan daerah di masa yang akan datang.

Di tempat yang sama, Ketum PD Muhammadiyah Kolut, Nur Rahman Umar mengatakan kehadiran Intens Muhammadiyah Kolut diharapkan bisa menjawab tantangan kemajuan zaman saat ini melalui jalur pendidikan. Bagi yang baru dilantik termasuk Rektor, dirinya menginginkan kampus tersebut konsisten berjuang mensejajarkan diri dengan perguruan tinggi lainnya yang ada di Indonesia.

Sebagai PT yang baru dirintis, tantangan dinilai hal yang wajar dan diyakini bisa diatasi dengan baik. Nur Rahman juga menyarankan agar kedepan Intens bisa mewujudkan sumber-sumber pendanaan sendiri dari berbagai bidang agar bisa mandiri. “Tinggalkan budaya membawa-bawa map. Itu budaya dulu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah pendaftar mahasiswa baru Intens Muhammadiyah Kolut saat ini telah mencapai 100 orang. Gedung kampus sementara yang mereka tempati yakni bangunan ruko di kompleks Bundaran Simpang 8, Lasusua.

 

Penulis: Rusli

Editor: Ode

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU