Parinringi Serahkan Dana Program Bulan Berkah Masyarakat Katoi

89
Penjabat Bupati Kolaka Utara Parinrigi, menyerahkan program bulan berkah kepada warga. Foto : Rusli

 

LASUSUA, LENTERASULTRA.COM- Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut), Parinringi menyalurkan dana program bulan berkah di kantor Desa Katoi, Senin 12 September 2022. Dana tersebut merupakan hasil kongsi warga Katoi guna mewujudkan penyamarataan pembangunan masjid di wilayah mereka.

Dikatakan Parinringi, pihaknya sangat mengapresiasi atas keterlibatan semua pihak atas program tersebut. Jika semua kecamatan bisa mewujdukannya maka dinilai secara tidak langsung memudahkan sistem dan pemerintahan berjalan di wilayah masing-masing. “Saya sudah keliling di banyak daerah dan jujur saya baru menemukannnya dan itu di Kecamatan Katoi,” imbuhnya.

Sebelum menyalurkan dana program berkah, Parinringi mengawali dirinya menyumbang senilai Rp.2 juta berikut dana hibah masjid senilai Rp. 10 juta dari APBD. Dirinya berjanji siap menjadi penyumbang setiap bulan dalam aksi sosial tersebut.

-IKLAN-

Di tempat yang sama, Camat Katoi, Rusdin menjelaskan, program bulan berkah awalnya diinisiatif bersama kemenag setempat untuk menyisihkan gaji mereka untuk pembangunan masjid. Untuk dongkrak nilai sumbangan, pihaknya pun mengajak seluruh masyarakat melakukan hal serupa. “Warga menyambut positif dan sekitar 90 persen masyarakat katoi berkontribusi saat ini,” ungkapnya.

Per KK, masyarakat menyalurkan Rp. 10 ribu atau Rp. 120 ribu per tahun. Total dana yang terkumpul saat ini senilai Rp. 11 jutaan yang Rp. 10 juta diserahkan langsung Parinringi ke Dewan Masjid Indonesia (DMI) Katoi. Penduduk setempat berharap agar pembangunan rumah ibadah di wilayahnya mendapat perhatian yang sama dalam hal pembangunan.

Selain panggilan beramal, semua masyarakat pada enam desa di Katoi aktif bergotong royong. Mereka berharap agar tidak ada lagi seorang kepala dusun yang tidak mengenali warganya hingga diwajibkan semua perangkat di desa aktif terlibat.

Penulis : Rusli

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU