Kajari Kolut: Ada Oknum Kades Sengaja Salahgunakan Dana Desa

440

 

 

Kajari Kolaka Utara, Henderina Malo. Foto: Rusli

 

 

LASUSUA, LENTERASULTRA.COM- Nilai Dana Desa (DD) yang mengalir ke Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) jumlahnya mencapai ratusan miliaran rupiah per tahun. Angkanya yang besar itu kerap kali membuat seorang kepala desa (kades) kalap mata dan menilepnya.

Hal itu dikemukakan Kajari Kolut, Henderina Malo dihadapan 15 camat se-Kolut saat menggelar sosialisasi penggunaan DD di aula institusinya, Senin 12 September 2022. Henderina menyayangkan jika ada saja oknum kades yang terjerat korupsi DD.

Dikatakan, kebanyakan yang terjaring kasus korupsi DD tersebut memang karena ketidaktahuannya dalam mengelolah keuangan dan tata kelola pemerintahannya sendiri. Tidak mengherankan, temuannya pun nilainya kecil-kecil. “Memang ada yang sengaja salahgunakan tetapi kebanyakan karena tidak tahu mengelolah,” ujarnya.

-IKLAN-

Olehnya itu, sosialisasi penggunaan DD menjadi tanggung jawab kejaksaan dan membuka ruang pelayanan pendampingan hukum apabila dibutuhkan. Prinsip mencegah lebih baik perlu didengungkan ketimbang terjerat baru bertindak.

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah, sengaja para camat diundang terlebih dahulu guna diingatkan dan diberi pemahaman akan tupoksinya di wilayah masing-masing. “127 kades juga bakal kami undang,” ucapnya.

Untuk diketahui, sosialisasi penggunaan DD tersebut juga dihadiri Pj Bupati Kolut, Parinringi dan jajaran Forkopimda.

 

Penulis: Rusli
Editor: Ode

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU