Polres Muna Lakukan Inspeksi Kesiapsiagaan Bencana di Empat Kantor

251
AKP Muhammad Ogen Sairi, Kabag Ops Polres Muna melakukan inspeksi di kantor Dinas Pemadam Kebakaran. Ia ditemui Sekretaris Dinas Sanusi dan Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelematan, Riktamin. Foto: Ode

 

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Polres Muna menggelar pertemuan secara terpisah dengan instansi terkait dalam rangka mengidentifikasi kesiapsiagaan penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Muna. Polres diantaranya melakukan inspeksi kantor Badan SAR Daerah Kab. Muna, BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran dan Dinas Sosial di wilayah itu.

Kepala Bagian Operasional, Polres Muna AKP Muhammad Ogen Sairi mengatakan identifikasi kesiapsiagaan bencana itu untuk menindaklanjuti informasi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika mengenai prakiraan angin dan gelombang tinggi dalam beberapa waktu kedepan.

AKP Ogen Sairi mengatakan, kepolisian berupaya melihat dan mengetahui kesiapan Pemda dan instansi kebencanaan terkait upaya antisipasi dan penanggulangan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Tidak saja di wilayah perairan, menurutnya potensi bencana juga bisa terjadi di daratan seperti angin puting beliung, tanah longsor, banjir maupun kebakaran.

-IKLAN-

“Wilayah Muna kan rentan juga dengan kebakaran misalnya, atau bencana lain. Sehingga, kami ingin melihat kesiapan Pemda jika sewaktu-waktu ada bencana. Tentu ini kita tidak inginkan terjadi, tetapi persiapan itu perlu untuk meminimalisir resiko,” paparnya usai bertandang ke kantor Dinas Damkar Muna, Selasa, 2 Agustus 2022.

AKP Ogen juga meninjau keadaan sarana di Dinas Pemadam seperti mobil dan peralatan lain. Ia juga berbincang dengan Sekretaris Dinas, Muh. Sanusi, Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan, Riktamin dan personil Damkar lainnya. AKP Ogen berharap tidak terjadi bencana di wilayah Muna. “Tetapi tetap kita meminta agar semua pihak tetap siaga,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan, Riktamin memastikan personilnya selalu siaga 24 jam. Kendati, diakuinya kendala saat ini ialah dukungan mobil pemadam terbilang minim. “Kami apresiasi upaya Polres Muna. Kami juga pastikan selalu siaga, personil selalu standby. Meski dengan keadaan terbatas,” ujarnya.

(Ode)

 

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU