AJB Buka Peluang Jadi Cabup Muna

1,148
Ketua Umum DPP Demokrat AHY dan Ketua DPC Demokrat Kabupaten Muna terpilih, AJB. Foto: Istimewa

 

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Agus Harimurti Yudhoyono akhirnya memilih Awal Jaya Bolombo sebagai nahkoda baru partai Demokrat Kabupaten Muna. Amanah itu kini membuka jalan bagi AJB menuju Pilbup Muna.

Penentuan Ketua DPC Demokrat Kabupaten Muna diserahkan kepada Ketua Umum AHY dan empat petinggi lainnya masing-masing Sekertaris Jendral, Kepala BPOKK DPP, Ketua DPD Sultra, dan Seketaris DPD Sultra. Mereka disebut tim Lima.

Sebelumnya, AJB dan Cahwan bersaing dalam musyawarah cabang yang digelar di Kendari, 7 Juli 2022 lalu. Cahwan unggul dengan meraih 9 suara dan AJB hanya 7 suara dari PAC.

Kendati kalah dukungan PAC, AJB yang sebelumnya menjabat Sekretaris DPC Demokrat Muna akhirnya melenggang sebagai Ketua berkat restu tim Lima.

Sekertaris DPD Partai Demokrat Sulawesi Tenggara, S. Budhi Prasodjo menjelaskan, penetapan AJB sebagai Ketua DPC Demokrat Muna dilakukan melalui rapat pleno tim Lima di Jakarta. Budi mengakui sebenarnya sulit memilih diantara dua kader terbaiknya, AJB dan Cahwan. Namun DPP dengan pertimbangan tertentu tetap harus mengambil keputusan.

“Hampir tidak ada celah diantara keduanya. Sama-sama yang terbaik. Tetapi dengan pertimbangan tertentu, AJB yang akhirnya dipilih,” kata Budi kepada Lenterasultra tanpa menyebut alasan dimaksud.

Ia menambahkan, AJB diberi tugas oleh AHY yakni konsolidasi menghadapi agenda demokrasi 2024. “Kepengurusan, mulai dari Cabang sampai Ranting. Berikutnya adalah Sekretariat. Ini penting untuk menghadapi verifikasi parpol,” jelasnya.

“Proses pelantikan AJB akan dilakukan setelah kepengurusannya terbentuk. Nanti Ketua Umum akan hadir di Kendari untuk melantik bersama dengan seluruh pengurus kabupaten di Sultra. Mungkin Agustus ini,” sambungnya.

Adapun AJB mengaku akan langsung fokus pada perintah partai tersebut. Ketua Komisi III DPRD Muna itu bakal segera menyusun komposisi kepengurusan kabupaten dan kecamatan hingga ranting. Berikut juga menyiapkan Sekretariat organisasi. “Kita fokus menghadai verifikasi parpol,” jelasnya.

AJB bertekad membayar kepercayaan DPP dengan kemenangan Demokrat di Muna. Baik dalam Pileg maupun mengantarkan AHY ke kursi Presiden RI 2024 mendatang dan mengusung Endang sebagai calon Gubernur Sultra. Tugas itu diakuinya tidak mudah. Tetapi sebagai kader sejati dirinya optimis bisa berbuat banyak untuk membesarkan partai.

Berpeluang jadi Calon Bupati Muna

Menjadi Ketua DPC Demokrat Muna bakal membawa nama AJB sebagai figur potensial untuk diusung dalam bursa calon Bupati Muna 2024 mendatang. AJB adalah legislator dua periode dan kini memimpin salah satu partai terbesar di Muna.

Demokrat memang masuk jajaran partai besar. Partai mercy meraih 12.197 suara dan menjadi yang tertinggi dibanding raihan partai lain pada Pileg di Kabupaten Muna, 2019 lalu. Jumlah dukungan itu berhasil mengunci empat kursi parlemen sekaligus satu kursi pimpinan DPRD Muna.

Kendati, Sekretaris Demokrat Sultra, S. Budhi Prasodjo menyebut konstalasi Pilbup Muna masih terlalu jauh untuk dibahas. Meskipun diakuinya nama AJB salah kader potensial yang dimiliki Demokrat.

“Belum sampai disana, DPP meminta AJB fokus dulu di konsolidasi partai guna menghadapi tahapan pendaftaran dan verifikasi parpol,” paparnya.

Senada, AJB juga belum berpikiran jauh soal langkah politiknya kedepan. Dirinya hanya akan berkosentrasi dulu menunaikan titah DPP untuk membesarkan partai. Salah satu target lain juga ialah mengantarkan Demokrat meraih kursi Ketua DPRD Muna 2024 nanti.

“Ada saatnya soal Pilbup. Saya akan besarkan partai dulu sampai target meraih kursi terbanyak bisa diraih,” ujarnya.

Ode

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU