Resmi Buka UMKM Sultra Expo 2022, Ali Mazi Dorong UMKM Go Digital dan Go Ekspor

149
Ketgam : Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi saat membuka UMKM Sultra Expo 2022 di pelataran Eks MTQ Kendari. Foto: Sri

 

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara resmi membuka Expo Usaha Mikro Kecil Menengah di pelataran tugu eks MTQ Kota Kendari, Kamis, 21 Juli 2022. Kegiatan itu digelar bersama Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Sultra.

Ali Mazi mengatakan, Pemprov Sultra sangat mendukung adanya UMKM Expo Sultra ini dengan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan, mendukung program pengembangan kapasitas dalam rangka kegiatan, edukasi mendorong keterlibatan UMKM binaan OPD terkait dan mendorong kemitraan bersama pengusaha.

“Jadi, saya ucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya pada Bank Indonesia Perwakilan Sultra, OJK Sultra dan Bank Sultra yang telah menginisiasi pengembangan UMKM di Sultra ditengah pemulihan ekonomi,” ucap Ali Mazi.

Ia melanjutkan, pihaknya sangat mendukung adanya pengembangan UMKM di Sultra. Bahkan pengembangan tersebut perlu dorongan bersama mengingat 99 persen pelaku usaha di Sultra berasal dari kelompok UMKM.

“Jadi peningkataan inflasi kelangkaan komoditas akan jadi tantangan UMKM kedepannya. Dan juga semoga kedepanya melalaui UMKM Go Digital dan Go Eksport semoga Sultra bisa mencapai 1 Juta UMKM.” Lanjutnya.

Ali Mazi berharap kegiatan expo ini pelaku usaha UMKM di Sultra bisa bertahan di tengah ketidakpastian usaha. Pihaknya juga terus mendorong sektor-sektor prioritas pasca pandemi Covid-19.

“Pandemi juga mendorong masyarakat banyak menggunakan belanja secara digital oleh karena itu ini merupakan kesempatan bagi UMKM untuk Go Digital ini,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sultra, Doni Septadijaya. Menurutnya, dengan dibukanya UMKM Expo 2022 ini, pelaku usaha dapat memasarkan produk unggulannya baik ditingkat lokal, nasional maupun skala ekspor.

“Rangkaian kegiatan UMKM Expo tersebut sudah dijalankan sejak Mei 2022 dengan beragam kegiatan mulai dari peningkatan kapasitas UMKM, edukasi pemasaran hingga kualitas produk serta label sertifikasi halal,” kata Doni.

Ditambahkannya, dari segi kualitas produk pihaknya sudah menetapkan standar yang diharapkan bisa diikuti para pelaku UMKM. Selain itu, BI juga mendorong UMKM untuk Go Digital dan Go Ekpor sesuai dengan tema yang di usung kali ini.

 

Reporter: Sri Ariani
Editor: Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU