Refleksi 63 Tahun Muna: Api Pembangunan Harus Terus Dinyalakan

514
Syarifuddin Udu

 

Oleh: Syarifuddin Udu (SU), Camat Wakorumba Kabupaten Muna tahun 1990 -1995.

 

Saya selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (PP-KKST) dan sebagai putera daerah Muna, menyampaikan selamat untuk Kabupaten Muna yang kini sudah memasuki usia ke-63 tahun.

Semoga diusia yang terbilang cukup matang ini, Kabupaten Muna akan semakin lebih memacu diri untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya. Perjalanan 63 tahun adalah perjalanan yang cukup panjang bagi sejarah pembangunan setiap daerah.

Dalam mengarungi perjalanan selama ini, sudah barang tentu pemerintah daerah, pemangku amanah beserta segenap masyarakat Kabupaten Muna telah banyak merasakan dan mengalami pahit-getir dan manisnya perjuangan membangun Kabupaten Muna.

Hal yang patut disyukuri bersama, bahwa perkembangan pembangunan di Kabupaten Muna dari waktu ke waktu tidak dapat diingkari terus mengalami kemajuan. Berbagai capaian penting yang diraih selama kurun waktu terbentuknya Kabupaten Muna sampai dengan saat ini, kiranya cukup untuk menggambarkan seberapa besar potensi dan kondisi daerah ini.

Penghargaan pembangunan yang pernah diraih tentu menjadi suatu capaian yang akan diukir oleh sejarah. Namun yang pasti, hasil pembangunan yang paling bernilai semenjak diikhtiarkannya Kabupaten Muna 63 tahun silam adalah, pembangunan ini senantiasa dihajatkan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Muna.

Olehnya itu patut kiranya memberikan apresiasi kepada para pendahulu yang memimpin daerah ini, dengan harapan pimpinan daerah saat ini akan terus melanjutkan pembangunan demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

Kini, di tahun 2022 dan selanjutnya, api pembangunan Kabupaten Muna harus terus dinyalakan menjadi lebih gemilang lagi, menjadi lebih baik lagi, demi cahaya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Muna agar terus mengalami kemajuan, mengingat potensi yang dimiliki Kabupaten muna sangat memadai untuk mengejar mimpi terbaiknya.

-IKLAN-

Untuk itu, pemerintah daerah beserta seluruh pemangku amanah pembangunan Kabupaten Muna tentu akan terus menjaga kebersamaan, bekerja keras, berikhtiar cerdas, bersungguh-sungguh, dan merawat sikap konsisten dalam pencapaian target-target pembangunan.

Apabila seluruh jajaran aparatur pemerintah dan pemangku amanah dapat bersinergi optimal dalam konteks kebersamaan dan kegotong-royongan, Insya Allah untuk mewujudkan Kabupaten Muna yang maju akan dapat terealisasi pada semua bidang dan sektor pembangunan. Terpenting saat ini kita perlu mempersiapkan diri agar kelak, kita tidak hanya menjadi penonton dari semua yang akan terjadi disekeling kita, daerah tetangga kita, atau bahkan daerah otonom lainnya yang saat ini terus berbenah mengejar kemajuan diberbagai bidang pembangunan.

Para pemuda kita, perlu menantang diri untuk mempelajari hal-hal baru. Melatih keterampilan baru yang dibutuhkan oleh berbagai sektor yang akan tumbuh. Di era digital saat ini telah mempersempit ruang dan memperdekat jarak sehingga seolah tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

Era digital telah membawa berbagai perubahan yang baik sebagai dampak positif yang bisa gunakan sebaik-baiknya. Namun dalam waktu yang bersamaan, era digital juga membawa banyak dampak negatif, sehingga menjadi tantangan baru dalam kehidupan manusia di era digital ini. Tantangan pada era digital telah pula masuk ke dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, keamanan, dan teknologi informasi itu sendiri.

Peran pemerintah tentunya menjadi penting, tidak ada pilihan lain selain menguasai dan mengendalikan pemanfaatan teknologi dengan baik dan benar agar memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat.

Inilah sedikit kepingan mimpi besar dan harapan yang ingin kita wujudkan untuk membangun Muna yang lebih baik. Insya Allah, dengan sinergi dan kebersamaan dari kita semua, apa yang akan kita cita-citakan dan perjuangkan dalam membangun Muna, semoga dapat mencapai hasil sebagaimana yang kita harapkan. Amiin yarobbal alamiin.

Dirgahayu Kabupaten Muna ke 63 tanggal 4 Juli 2022, semoga kita semua dapat meningkatkan rasa kecintaan terhadap daerah kita yang diwujudkan dengan memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah serta berperan serta dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Muna, dengan harapan dan do’a semoga menjadi momentum terbaik untuk melakukan refleksi diri menuju Kabupaten Muna yang semakin maju dan sejahtera.

 

 

*Penulis juga merupakan mantan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI.

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU