Hasil Job Fit 29 Pejabat Muna Diserahkan ke KASN

578
Sekretaris Kabupaten Muna, Edy Uga. Foto : Prokopim Muna

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Muna sudah menggelar uji kompetensi atau job fit bagi 29 pejabat tinggi pratama di daerah itu. Hasil job fit tersebut juga sudah dikeluarkan oleh tim seleksi yang dipimpin Sekretaris Daerah Edy Uga.

Edy Uga juga mengatakan hasil job fit saat ini sementara dilaporkan kepada Bupati Muna LM. Rusman Emba dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Hasilnya semuanya memenuhi syarat karena job fit memang sebenarnya hanya evaluasi, bukan berbicara TMS atau MS. Lebih kepada kecocokan di jabatan sekarang,” jelasnya.

Berdadarkan hsil job fit itu, lanjutnya, KASN akan mengeluarkan rekomendasi kembali kepada Bupati Muna LM. Rusman Emba sebagai user atau pengguna. Setelahnya, Bupati akan menggunakannya untuk melakukan mutasi jabatan sesuai dengan penilaian dan pertimbangan hasil evaluasi.

“Nanti kembali ke pimpinan, apakah pejabatnya masih mau dipakai lagi dijabatan itu atau akan bergeser ke jabatan lain,” terangnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Muna menggelar job fit bagi 29 pejabat tinggi pratama yang menjabat sebagai kepala dinas maupun sebagai asisten dan staf ahli di Sekretariat Daerah. Mereka diuji tim penguji sebanyak lima orang yang Ketuai Sekda Edy Uga selama tiga hari pada 14-16 Juni di Kota Kendari.

Bupati Muna LM. Rusman Emba mengaku ingin melihat kemampuan pejabatnya dalam menjabarkan visi dan misi Bupati ke dalam bentuk program kerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Rusman memastikan hasil job fit akan menentukan karir pejabatnya.

“Kita akan tes kemampuannya melihat visi misi Bupati dari kacamata jabatannya saat ini. Itu prinsipnya,” kata Rusman Emba.

Ia menambahkan, penilaian hasil job fit tersebut akan digunakannya untuk mengatur ulang komposisi kabinet. Kepala OPD yang mampu lulus dengan baik akan dipertahankan, dan yang belum sesuai harapan akan ditempatkan pada posisi yang lebih sesuai kompetensinya.

Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU