Saemuna ‘Mengalah’, Paripurna Usulan Pergantian Ketua DPRD Muna Digelar Malam Ini

235
Situasi rapat Bamus DPRD Muna yang digelar Selasa, 21 Juni 2022. Foto : Ode

 

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – DPRD Muna akhirnya menindaklanjuti usulan partai Hanura terkait pergantian Ketua DPRD La Saemuna. Usulan pergantian tersebut akan dibawa dalam rapat paripurna yang akan digelar malam ini, Selasa, 21 Juni 2022.

Keputusan itu diambil dalam rapat Badan Musyawarah yang dipimpin langsung Ketua DPRD La Saemuna dan wakil Ketua masing-masing Cahwan dan Nasir Ido berikut delapan anggota. Rapat Bamus itu sedianya hanya akan menjadwalkan rapat paripurna untuk dua agenda yakni penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Muna LM. Rusman Emba tahun 2021 dan penyusunan komposisi alat kelengkapan dewan.

Namun saat jalannya rapat, anggota Bamus yang juga Ketua Fraksi Hanura LM. Sahlan meminta agar surat DPP Hanura pergantian ikut dibahas. Permintaan Sahlan itu akhirnya disepakati pimpinan rapat dan seluruh anggota yang hadir.

Ketua Fraksi Hanura, LM. Sahlan mengaku bersyukur sebab setelah melalui proses panjang akhirnya DPRD mau menindaklanjuti surat DPP Hanura tentang pengangkatan Irwan sebagai Ketua DPRD Muna yang baru. Kendati, Sahlan menyebut jika rapat paripurna nanti malam baru tahap awal.

“Sebentar malam itu baru rapat paripurna penyampaian usulan dari Hanura tentang pergantian Ketua DPRD. Kami apresiasi, meskipun masih akan ada rapat paripurna lanjutan lagi,” jelasnya.

-IKLAN-

Sahlab menjelaskan, sesuai dengan peraturan DPRD Muna nomor 1 tahun 2019 tentang tata tertib, tahapan pergantian Ketua DPRD setidaknya akan melalui tiga kali rapat paripurna. Setelah agenda nanti malam, rapat paripurna akan digelar kembali dengan agenda pemberhentian La Saemuna sebagai Ketua DPRD Muna.

Setelahnya, pemberhentian itu akan dibuat dalam surat keputusan DPRD Muna yang akan disampaikan ke Gubernur Sultra melalui Bupati Muna. Gubernur akan menindak lanjuti pergantian dengan surat keputusan pengesahan Irwan sebagai Ketua DPRD Muna yang baru sesuai usulan partai Hanura.

“Nanti setelah dari Gubernur maka diparipurnakan lagi untuk pengumuman Ketua DPRD Muna yang baru dalam hal ini adalah Irwan. Kami akan kawal terus proses ini,” terangnya.

Ketua DPRD Muna, La Saemuna sendiri membenarkan jika Bamus sudah menjadwalkan rapat paripurna pengumuman usulan partai Hanura tentang pergantian dirinya. Dia mengaku menaati kesepakatan tersebut dan akan memimpin langsung rapat paripurna nanti malam. Kendati, ia juga mengatakan jika cepat dan lambannya proses pergantian itu diserahkan ke masing-masing anggota DPRD Muna.”Kan baru paripurna pertama. Masih ada paripurna lanjutan. Soalnya prosesnya, saya kembalikan ke anggota saja,” ungkapnya.

Diketahui, agenda pergantian Ketua DPRD Muna sebelumnya tidak masuk dalam agenda rapat Bamus hari ini sesuai kesepakatan pimpinan yang terdiri dari La Saemuna, Cahwan dan Nasir Ido. Adapun pergantian Ketua DPRD Muna itu sudah diusulkan partai Hanura sejak 31 Januari 2022 dan resmi diajukan ke DPRD pada 9 Maret 2022. Selama tiga bulan, surat Hanura itu sempat mengendap di meja pimpinan.

(Ode)

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU