“Terbang” ke Amerika, Kadis Dikbud Sultra Teken Mou dengan Universitas Arizona

252
Pj Sekda Sultra sekaligus Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Asrun Lio (dua dari kanan) didampingi Kepala BPKAD, Basiran menyerahkan dua buku kepada The President Sampoerna University, Dr Marshall Schott (kiri). Foto : Dok Pribadi Asrun.Lio

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Sampoerna University dan Universitas of Arizoa Global, Amerika Serikat melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) di Negeri Paman Sam. MoU yang disepakati ketiga belah pihak ini terkait peningkatan kualitas pendidikan.

Pemprov Sultra di wakili Asrun Lio, Penjabat (Pj) Sekda sekaligus Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra. Untuk menjalin kerja sama tersebut, Asrun Lio “terbang’ ke Amerika Serikat bersama Kepala Badan Pengelola Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD), Basiran, Senin, 12 Juni 2022.

“Yang jadi obyek kesepakatan dalam kerjasama ini adalah terkait penyelenggaraan maupun pelaksanaan program pengiriman siswa Universitas Sampoerna yang berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara untuk Program Summer 2022,” katanya. Asrun Lio bilang, program ini diyakini mampu memperkaya life skill atau keterampilan hidup maupun pengalaman belajar mahasiswa di negara asing.

Mahasiswa asal Sultra juga bisa mengasah secara langsung keterampilan dasar yang kelak bisa mendampingi ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan di universitas sehingga bisa meraih kesuksesan di masa mendatang. Ada delapan mahasiswa terbaik asal Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berhasil lolos mengikuti program beasiswa sampoerna pada Tahun 2019 dan 2020 yang dinyatakan layak mengikuti program summer semester di The University of Arizona Amerika Serikat,” tutur akademisi asal Moronene Bombana ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, berfoto bersama mahasiswa asal Sultra.dan Presiden Sampoerna University, Dr Marshall Schoot. Foto : Dok Pribadi Asrun

Mereka akan mengikuti perkuliahan selama 10 minggu di University of Arizona serta aktivitas lainnya dalam rangka mengenal budaya maupun alam di Arizona. Lulusan S3 The Australian National University Canberra ini menerangkan ruang lingkup kesepakatan bersama tersebut.

Pertama, terkait pengembangan kerjasama dalam hal meningkatkan kualitas pendidikan siswa dari Provinsi Sultra. Kedua, menyamakan presepsi serta pengertian akan kerjasama di bidang peningkatan kualitas pendidikan, kualitas akademis, serta pengetahuan di bidang budaya dan bahasa.

Selain itu, masing-masing pihak sepakat jika pengaturan pelaksanaan serta dukungan pembiayaan akan diatur serta dituangkan secara tertulis dalam bentuk perjanjian kerjasama tersendiri. Dalam pelaksanaan kesepakatan bersama ini, juga akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama Sesuai dengan Ketentuan Perundang-undangan yang berlaku,” tutur Mantan Kepala Pusat Studi Eropa UHO ini.

Mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO ini melanjutkan, terkait kerjasama tersebut para pihak juga akan melakukan evaluasi kesepakatan, tepatnya enam bulan sebelum jangka waktu berakhir, yakni berupa penilaian atas kelangsungan atau pengakhiran kerjasama, berdasarkan kesepakatan bersama para pihak.

Pj Sekda sekaligus Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sultra (kanan) menandatangani MoU dengan President Sampoerna University dan pihak Universitas of Arizona Global.  Foto : Dok Pribadi Asrun Lio

Kepala BPKAD Provinsi Sultra, Basiran mengatakan, Pemprov Sultra menyambut baik kegiatan tersebut karena dianggap mampu meningkatkan SDM lokal Sultra melalui bidang pendidikan. Olehnya itu, pihaknya secara langsung melakukan vitasi terhadap program summer di Universitas Arizona.

Pasca campus tour di The Arizona University, Tucson, Pemprov Sultra mengajak seluruh mahasiswa asal Sultra yang mengikuti Summer Program ini untuk dinner bersama, guna melakukan diskusi terkait masalah-masalah apa saja yang mereka temui selama mengikuti program summer di Arizona University. “Hal ini penting diketahui, sebab Pemerintah provinsi turut melakukan pembiayaan dengan model 1 : 1 baik antara Pemprov Sultra maupun pihak Sampoerna,” tuturnya.

Sementara dari pihak Sampoerna Universitas, MoU diteken Dr. Marshall Schott dalam kapasitasnya selaku Presiden Universitas. Sedangkan The University of Arizona Global, diwakili oleh Dr. John Paul Jones, dalam kapasitasnya selaku Dekan.

Usai penandatanganan MoU, Pj Sekda Drs Asrun Lio, M.Hum., PhD didampingi Kepala BPKAD Drs Basiran MSi menyerahkan kain khas buton, topi daerah kampurui, miniatur tugu persatuan MTQ Provinsi Sultra dan dua buku yang masing-masing berjudul “Sang Arsitek Sultra Raya” dan “Sultra Dalam Pikiran Ali Mazi” termasuk profil ITK Buton kepada The President Sampoerna University, Dr Marshall Schott. Asrun berharap berbagai cendera mata asal Sultra itu menjadi koleksi bacaan di Perpustakaan The Universty of Arizona Global, di Amerika Serikat.

Kesempatan itu juga, masing-masing pihak siap membantu pengembangan Sumber Daya Manusia ITK Buton, dalam rangka penyiapan SDM unggul bidang kelautan guna peningkatan pengolaan Sumber Daya Kelautan Provinsi Sultra.
Setelah itu dilanjutkan dengan campus tour dan dinner bersama antara Pemprov Sultra dan mahasiswa asal Provinsi Sultra yang mengikuti Summer Program ke Amerika Serikat. (Adv)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU