Rusman Emba Terima Penghargaan Kepala Daerah Peduli Bencana dari BNPB

256
Bupati Muna LM. Rusman Emba, enam dari kiri berpose usai kegiatan pelatihan kepemimpinan pada situasi krisis yang digelar BNPB di Bali. Foto : Istimewa

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Bupati Muna LM. Rusman Emba menerima penghargaan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Mayjen TNI Suharyanto. Rusman menerima penghargaan sebagai kepala daerah peduli bencana dalam acara pelatihan kepemimpinan pada situasi krisis yang diikuti Bupati dan Walikota se-Sulawesi Tenggara, di Bali, Sabtu, 21 Mei 2022.

Bupati Muna, LM. Rusman Emba mengatakan, penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi BNPB terhadap upaya penanggulangan bencana yang dilakukan di otoritanya.

Rusman juga mengungkapkan, Kabupaten Muna memiliki beberapa titik rawan bencana alam. Seperti banjir di wilayah Muna Timur, area Kota Raha dan Lohia. Maupun angin puting beliung di wilayah Kontunaga dan Watopute.

Bencana tersebut selalu mengintai setiap saat. Makanya diperlukan upaya mitigasi baik melalui edukasi kepada masyarakat, meningkatkan kesiapsiagaan pemerintah maupun dukungan sarana dan prasarana.

“Dengan kondisi itu, maka dibutuhkan peran pemerintah pusat utamanya BNPB. Meski penanganan bencana ini menjadi domain daerah,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati meminta dukungan BNPB agar Kab. Muna mendapat dukungan program maupun alokasi anggaran pencegahan dan penanganan bencana banjir. Usulan itu mendapat tanggapan positif dan BNPB berkomitmen untuk menindaklanjuti dalam waktu dekat.

“Usulannya tinggal kita lengkapi administrasinya. BNPB menginstruksikan agar proposalnya diverifikasi dan dihitung kebutuhan anggarannya,” ujarnya.

(Ode)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU