Bupati Muna Gelar Job Fit untuk Uji Kecocokan Jabatan dan Kompetensi Kadis

487
Ir. LM. Rusman Emba, ST., MM

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Bupati Muna LM. Rusman Emba bakal menggelar job fit untuk menguji kecocokan antara jabatan dan kompetensi para bawahannya. Job fit itu akan diikuti kepala organisasi perangkat daerah.

Rusman mengatakan, kompetensi yang akan diuji meliputi karakter dan soft skill. Itu akan menjadi parameter melihat kesesuaian dengan posisi saat ini.

Melalui job fit itu, Rusman ingin melihat kemampuan pejabatnya dalam menjabarkan visi dan misi Bupati ke dalam bentuk program kerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Rusman memastikan hasil job fit akan menentukan karir pejabatnya.

“Kita akan tes kemampuannya melihat visi misi Bupati dari kacamata jabatannya saat ini. Itu prinsipnya,” kata Rusman Emba.

Ia menambahkan, penilaian hasil job fit tersebut akan digunakannya untuk mengatur ulang komposisi kabinet. Kepala OPD yang mampu lulus dengan baik akan dipertahankan, dan yang belum sesuai harapan akan ditempatkan pada posisi yang lebih sesuai kompetensinya.

“Setelah job fit maka kita akan lakukan lelang jabatan. Disitulah hasil job fit digunakan untuk menempatkan mereka sesuai kapasitasnya,” paparnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Kabupaten Muna, La Ode Ena mengatakan sedang menyusun panitia pelaksana job fit yang terdiri dari unsur birokrasi, akademisi dan tokoh independen lainnya. Susunan panitia tersebut akan dibawa ke KASN untuk mendapat rekomendasi.

“Panselnya sudah ada tapi kami belum bisa umumkan karena harus dibawa ke KASN dulu,” jelasnya.

Peserta job fit tersebut ialah para Kepala OPD defentif. Adapun mekanisme job fit maupun materi uji, termasuk jadwal pelaksanaan akan disusun oleh panitia. Anggaran kegiatan itu disiapkan sekitar Rp300 juta. Selain job fit, BKPSDM juga akan memersiapkan pelaksanaan lelang jabatan.

“Setelah job fit, ada lelang jabatan,” tutupnya melalui sambungan telepon, Sabtu, 21 Mei 2022.

Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU