Penyampaian LKPJ Bupati Bombana Menyalahi Aturan

472
Bupati Bombana Tafdil (kiri) menyerahkan LKPJ Bupati tahun 2021 kepada Ketua DPRD Bombana Arsyad (kedua dari kiri) disaksikan dua unsur pimpinan DPRD Bombana. Foto : Adhi

 

BOMBANA, LENTERASULTRA COM- Pidato pengantar Bupati Bombana terhadap Laporan pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2021 baru disampaikan Rabu (6/4/2022). Sesuai aturan, LKPJ ini semestinya dilaporkan paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. Akibat keterlambatan ini, penyampaian LKPJ Bupati Bombana tahun 2021 dinilai menyalahi aturan.

Pernyataan ini diungkap Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bombana, Arsyad saat memimpin rapat paripurna yang di kantornya pada Rabu sore, (6/4/2022). Arsyad bilang, LKPJ bupati seharusnya disampaikan paling lambat 31 Maret 2022 lalu. Namun DPRD baru menerima surat dan dokumen LKPJ Bupati dari pihak eksekutif, sehari sebelum batas akhir penyampaian LKPJ.

Selama kurang lebih 30 menit dilaksanakan rapat paripurna pidato pengantar LKPJ Bupati tahun 2021, politisi Partai Nasdem ini dua kali mengungkapkan pelanggaran penyampaian LKPJ Bupati Bombana. Arsyad pertama menyampaikannya saat dia membuka sidang paripurna. Arsyad kembali mengulang pernyataan yang sama setelah Bupati Bombana turun dari podium usai membacakan pidato pengantar LKPJ nya.

“Sesuai Permendagri nomor 18 tahun 2020, kita sudah keluar dari koridor yang sesungguhnya. Namun DPRD tetap menyelesaikan karena pertimbangan LKPJ masuk di kantor DPRD pada tanggal 30 (Maret), setelah Badan Musyawarah melakukan rapat terkait agenda-agenda DPRD,” kata Arsyad.

-IKLAN-

Sesuai Permendagri nomor 18 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah, di pasal 18 ayat 1 disebutkan, LKPJ disampaikan oleh kepala daerah dalam rapat
paripurna dewan perwakilan rakyat daerah yang dilakukan 1 kali dalam 1 tahun paling
lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Namun faktanya, Bupati Bombana Tafdil, baru menyampaikan pidato pengantar LKPJ tiga bulan lebih, setelah tahun anggaran 2021 berakhir. “Lebih enam hari dari batas penyampaian yang diatur dalam Permendagri nomor 18. Dan ini kita tetap keluar dari koridor yang sudah ditetapkan,” ungkap Arsyad.

Rapat paripurna pidato pengantar LKPJ Bupati Bombana di gelar Rabu (6/4/2022) sekitar pukul 14.30 WITA. Selain dihadiri Bupati Tafdil, juga dihadiri Sekda Man Arfa, 20-an kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta 16 dari 25 anggota DPRD Bombana.

Penulis : Adhi
Editor : Adhi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU