Asrun Lio jadi Plh Sekda Sultra

7,494
Asrun Lio, Kadis Dikbud Sultra. Dok LS

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Kesibukan Asrun Lio bakal bertambah padat. Hari ini, Rabu (6/4/2022) bertepatan dengan hari keempat Ramadan 1443 H,  lulusan S3 The Australian National University 2015 ini dikabarkan akan dilantik menjadi Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dengan tambahan jabatan itu, Asrun Lio kini memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus diemban. Selain menjadi Plh “jenderal” Pegawai Negeri Sipil” di Pemerintah Provinsi Sultra, Asrun Lio juga melaksanakan tugas utamanya sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Pemprov setempat.

Kabar penunjukan Asrun Lio sebagai Plh Sekda sudah tersebar di sejumlah pejabat di Pemprov Sultra. Begitu juga dengan undangan pelantikannya,  para pejabat eselon dua sudah menerimanya. Proses pelantikan Asrun Lio dirangkaikan dengan agenda pengambilan sumpah Nur Endang Abbas, Sekda Sultra sebagai Widyaiswara Ahli Utama Pemrov Sultra.

“Besok jam 14.00 Wita, (ibu Sekda Nur Endang Abbas) akan dilantik sebagai Widyaiswara Ahli Utama oleh Pak Gubernur di Rujab Gubernur, dan yang akan jadi PLH Sekda adalah Pak Asrun Lio,” tulis pejabat di Pemprov Sultra melalui aplikasi WhatsAppnya kepada Adhi, wartawan lenterasultra.com, Rabu dini hari (6/4/2022).

Related Posts

Pejabat ini mengaku telah menerima undangan pelantikan  tersebut. Informasi yang diperoleh, pelantikan Nur Endang Abbas sebagai Widyaiswara serta Asrun Lio sebagai PLH Sekda akan dipimpin langsung Gubernur Sultra Ali Mazi. Pejabat lain di Pemrov Sultra yang dihubungi wartawan lenterasultra.com juga membenarkan informasi Asrun Lio akan dilantik sebagai PLH Sekda. Pejabat eselon dua ini juga telah menerima undangan pelantikan. “Sudah adami undangannya. Pelantikannya sebentar jam 2 di rumah jabatan gubernur,” kata pejabat ini, saat dihubungi via ponselnya, Rabu dini hari (6/4/2022).

Asrun Lio belum memberikan konfirmasi terkait penunjukan dirinya sebagai Plh Sekda Sultra. Konfirmasi yang diajukan wartawan lenterasultra.com melalui aplikasi WhatsAppnya, Rabu dinihari, belum juga direspon hingga berita ini tayang. Begitu juga dengan Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Zanuria. Saat dikonfirmasi terkait pelantikan Nur Endang menjadi Widyaiswara Pemprov Sultra dan Asrun Lio sebagai PLH Sekda, Zanuria juga belum memberikan jawaban hingga berita ini tayang.

Sementara Suwandi Andi, ketua komisi III DPRD Sultra mengatakan, dua pejabat eselon dua yang santer disebut-sebut sebagai calon Sekda yakni, Asrun Lio dan Basiran layak menduduki jabatan tersebut. “Kedua pejabat ini (Asrun Lio dan Basiran) sama-sama memiliki kapasitas. Keduanya banyak memiliki pengalaman di pemerintahan dan akademisi,” kata Suwandi, Selasa (5/4/2022).

Meski sama-sama memiliki kapasitas, namun pada akhirnya akan ada satu nama yang akan ditunjuk gubernur sebagai Sekda. Mengenai siapa yang akan dipilih, Suwandi mengaku itu menjadi kewenangan Ali Mazi sebagai user. Yang pasti sambung politisi dari Partai Amanat Nasional, pejabat yang akan dipilih gubernur sebagai Sekda, tidak akan keluar dari lingkaran user.

“Asrun Lio dan Basiran itu, bagian dari lingkaran user. Diantara mereka berdua, ada satu yang dipilih jadi Sekda. Siapa dia? Kita tunggu pastinya satu dua hari ini. Yang jelas akan ada pejabat yang dilantik jadi Sekda, karena Nur Endang Abbas sudah diberhentikan oleh Presiden dari Sekda dan diangkat menjadi Widyaiswara Pemprov Sultra,” ungkap Suwandi.

Penulis : Adhi
Editor : Adhi

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU