Muna Terima Tiga Program PUPR Senilai Rp104 Miliar

1,023
La Mahi, Kepala Bappeda Kab. Muna. Foto : Ode

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Tiga paket proyek dengan nilai keseluruhan Rp104 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang RI tahun ini berhasil dilobi Pemerintah Kabupaten Muna.

Ketiga proyek yang bersumber dari APBN 2022 itu antara lain penataan kawasan kumuh di Lagasa, Kec. Katobu senilai Rp50 miliar. Berikutnya kegiatan penataan waterfront city di pantai Laino, Kec. Batalaiworu sebesar Rp30 miliar dan pembangunan pengaman pantai di Kec. Napabalano Rp24 miliar.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah Kabupaten Muna, La Mahi menjelaskan, program tersebut masing-masing melekat pada Balai Prasarana dan Permukiman wilayah Sultra dan Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV.

Related Posts

PKS Menang Besar di Dapil Kabaena

“Untuk Lagasa dan Laiworu melekat di Balai Prasarana. Masih tahap lelang. Kalau pengaman pantai di Tampo melekat di Balai Sungai dan pekerjaanya sudah jalan,” jelasnya, Senin, 4 April 2022.

La Mahi mengaku seluruh item pekerjaan dalam penataan kawasan kumuh baik di Lagasa dan Laiworu tersebut menjadi domain pihak Balai. Penataan kawasan kumuh itu umumnya akan mencakup pekerjaan penetrasi jalan, pekerjaan paving block, jalan setapak, drainase maupun taman.

Bappeda, lanjutnya, baru saja mendampingi tim survei dari Balai untuk mengambil data di Lagasa dan Laiworu, pekan lalu. “Surveinya baru selesai. Setelah itu akan dilelang. Kalau itemnya, kami tidak lihat karena itu domain mereka,” paparnya.

Ia menambahkan, ketiga program itu merupakan usulan Pemerintah Kabupaten Muna tahun 2020 dan 2021 lalu.

(Ode)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU