Tingkatkan Kualitas SMK di Sultra, Dikbud Libatkan Lima Instansi

74
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Asrun Lio. Ist.

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Kualitas pendidikan di Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi perhatian serius Asrun Lio. Di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) misalnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra ini menggandeng empat instansi yang jadi mitranya di pemerintah provinsi dan satu lembaga non pemerintah untuk mengembangkan kualitas pendidikan di level SMK.

Lima instansi yang digandeng Asrun untuk sama-sama meningkatkan mutu pendidikan SMK di Sultra yakni, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Balai Latihan Kerja  (BLK) serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Sebagai bentuk dari komitmennya itu, Asrun melegitimasinya dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan pimpinan dari lima instansi tersebut di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, pada Kamis (17/2/2022).

Kepala Dinas Dikbud Sultra Asrun Lio mengatakan, MoU bersama Disperindag, Disnakertrans, DKP, BLK dan Kadin Sultra dilaksanakan sebagai langkah maju instansi pimpinannya dalam menciptakan lulusan SMK Sultra yang kompeten  disegala bidang. Lulusan lulusan S3 The Australian National University (ANU) Canberra menambahkan sebagai sekolah menegah kejuruan, siswa SMK dilatih dan di didik di tingkat menengah untuk menghadapi dunia kerja. Jadi tenaga mereka adalah tenaga yang memang siap kerja. Meski demikian, jika tidak di serap oleh dunia usaha dan industri  maka akan menjadi sia-sia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Asrun Lio (ketiga dari kiri) didampingi Sitti Saleha, Kadis Perindag Sultra (keempat dari kiri) berpose bersama usai penandatangan MoU di aula Dinas Dikbud Kamis (17/2/2022). Foto : Ist

 

-IKLAN-

“Makanya hari ini kita lakukan MoU bersama instansi ini (Kadin, Disnakertrans, Disperindag, DKP, BLK dan Kadin. Ini dilakukan guna mendukung SMK se-Sultra untuk lebih meningkatkan kualitas agar dapat dengan mudah terjaring di dunia kerja dan industri, ” katanya. Asrun Lio berharap, MoU ini jangan hanya sebatas  penandatanganan saja, tetapi harus segera di tindak lanjuti. Apalagi dalam MoU ini, juga turut disaksikan kepala bidang SMK dan Fungsional yang ada di bidang SMK Dikbud Sultra serta hadir pula para kepala SMK se Kota Kendari. “Mereka sengaja di datangkan sebab merekalah yang akan mengimplementasikan ini di lapangan,” sambungnya.

Asrun Lio mengatakan, kerja sama ini juga sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) nomor 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK. Khusus di Sultra meski baru saat ini dilaksanakan tetapi diharapkan menjadi satu kebijakan yang terus diulanjutkan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Asrun Lio menerima kunjungan pimpinan instansi di kantornya dalam rangka penandatangan MoU peningkatan kualitas pendidikan SMK. Foto : Ist

 

Sitti Saleha, merupakan salah satu pimpinan instansi yang menandatangani MoU tersebut. Kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Perindag Sultra ini, , Sitti Saleha mengaku sangat mengapresiasi dan menyambut baik kerjasama bersama Dikbud Sultra. “Tentu kita sambut baik apa lagi ini sebagai salah satu langkah dan upaya kita dalam mendukung pengembangan SMK di wilayah Sultra, ” ungkapnya. (Adv)

 

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU