Meriahkan Pameran HPN, Muna Boyong Tenun Masalili hingga Produk Ekonomi Kreatif

369
Bupati Muna LM Rusman Emba dan Wakilnya Bachrun. Foto : Ode

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara pada 7 – 9 Februari 2022 bakal dimanfaatkan Pemkab Muna untuk memamerkan produk unggulannya. Hasil kerajinan dan usaha kecil menengah yang khas Muna seperti tenun Masalili, Te Kelor Te Wuna hingga Pae Wuna bakal diboyong ke stand pameran di Kendari.

Sekretaris Daerah Kabupaten Muna, Edy Uga menerangkan, kegiatan HPN salah satunya bakal diramaikan dengan kegiatan pameran sesuai intruksi yang diterima dari Gubernur Sulawesi Tenggara, tanggal 24 Januari lalu. Pameran HPN itu dinilai sangat berarti bagi Muna sehingga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Dirinya ingin Muna mengambil kesempatan berharga itu untuk memamerkan kekayaan produk lokal dan ekonomi kreatifnya.

Related Posts

“Apalagi yang akan hadir ini semua pejabat penting. Ada rombongan Presiden, Menteri bahkan beberapa duta besar negara sahabat. Ini kesempatan penting yang harus dimanfaatkan,” jelasnya saat menggelar rapat persiapan pameran HPN bersama Kepala OPD dan perwakilan perbankan di ruang rapat Sekda Muna, Senin, 31 Januari 2022.

Edy Uga menambahkan, Pemkab bakal menyiapkan dua stand pameran untuk menampung produk asal Bumi Sowite. Stand itu nantinya diisi produk – produk yang khas dan unik hasil kerajinan masyarakat Muna. Sebut saja tenun Masalili, olahan industri kreatif Pae Wuna, te Kelor te Wuna, jambu mete, sarabaku dan beberapa produk menarik lainnya. “Tenun Masalili kabarnya akan dipakai rombongan Kepala Negara. Makanya produknya juga harus dipamerkan disana,” urainya.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Muna melanjutkan, stand pameran akan dibuat meriah, meskipun diakuinya persiapan dana untuk kegiatan itu sangat minim. Secara khusus ia juga menyebut HPN tahun 2022 merupakan momen bersejarah karena digelar Sulawesi Tenggara. Makanya, Pemkab memastikan akan ikut ambil bagian untuk memeriahkan dan menyukseskan iven nasional tersebut. “Ini jangan dilewatkan begitu saja. Selain acara pers ini harus sukses, tentu daerah kita juga harus mendapat manfaat. Misalnya dari promosi kekayaan produk lokal kita,” imbuhnya.

Reporter : Ode
Penulis : Ode
Editor : Abidjar

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU