Dinas Pariwisata Sultra Umumkan Pemenang Lomba Penulisan Konten dan Foto di Malam Penganugerahan Dinas Pariwisata

201
Malam penganugerahan Dinas Pariwisata Sultra. Foto: Ist. 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Dinas Pariwisata Sulawesi tenggara menggelar malam penganugerahan pada Minggu (12/12/2021). Melalui momen ini, panitia mengumumkan pemenang lomba penulisan konten dan foto pariwisata.

Ketua DPRD SultraAbdurrahman Shaleh yang hadir dalam kegiatan ini mengatakan, lomba tersebut bermanfaat untuk menunjang dan mendongkrak kualitas pariwisata sebagai destinasi yang tidak hanya dipandang sebelah mata.

“Sudah banyak yang mengatakan destinasi wisata yang ada di 17 kabupaten dan kota di Sultra tidak kalah dengan destinasi ataupun potensi pariwisata provinsi lain di Indonesia. Namun, hal tersebut masih sebatas perbincangan saja, bahkan kita suka mengungkapkan yang belum pernah dikunjungi,” ucapnya.

Untuk itu, melalui lomba penulisan konten dan foto pariwisata, setidaknya ada keterwakilan imajinasi serta referensi terhadap suatu objek wisata. Salah satu yang bisa dijadikan rujukan adalah konten dan fotografi yang bisa mendeskripsikan keindahan suatu destinasi pariwisata. Berangkat dari hal itu, dibuat lomba penulisan konten dan fotografi yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata Sultra.

Untuk diketahui, panitia memberikan hadiah kepada masing-masing pemenang lomba untuk dua kategori tersebut berupa uang senilai Rp20 juta dan piagam penghargaan. Rinciannya, kategori penulisan konten dan fotografi masing-masing juara 1 senilai Rp5 juta, juara 2 Rp3 juta, dan juara 3 senilai Rp2 juta.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dispar Sultra, Syamsinar mengatakan, total jumlah peserta dari kategori konten dan fotografi sebanyak 97 orang dan enam orang. Proses seleksi sendiri dilakukan oleh dewan juri dari latar belakang yang sesuai bidangnya, yakni fotografer profesional Arif Oba dan wartawan profesional Sultra Andi Syahrir.

“Berdasarkan penilaian dewan juri, foto dan konten hasil karya peserta sudah bisa mewakili Dispar Sultra untuk promosi lebih lanjut terkait tempat wisata potensial di setiap daerah karena diharapkan karya yang diikutkan peserta dalam lomba ini dapat tersampaikan dan bisa tersebar secara luas di masyarakat,” jelas Syamsinar.

Ke depan, karya pemenang lomba kategori foto pariwisata akan dipajang di setiap even atau kegiatan yang dilakukan oleh Dispar Sultra. Sedangkan untuk kategori penulisan konten hasil karyanya akan dijadikan tajuk dalam katalog produk unggulan ekonomi kreatif atau media promosi yang dimiliki oleh Dinas Pariwisata Sultra.

Berikut pemenang lomba kategori konten pariwisata:

  1. Juara 1: L.M Syuhada Ridzkyi dengan judul konten Tembok Batu yang Menjembatani Masa Lalu.
  2. Juara 2: Kiki Putri Novel dengan judul konten Para Pembuat Gerabah yang Merawat Tradisi.
  3. Juara 3: Sumarlin dengan judul konten Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Kerajinan Nentu.

Pemenang lomba untuk kategori fotografi pariwisata:

  1. Juara 1: Amrin dengan foto Pertunjukkan Parade Perahu Nelayan.
  2. Juara 2: Bansa Tuasikal dengan foto Menenun.
  3. Juara 3: Rustam Awal dengan foto Gadis Siompu Buton Berpakaian Adat Buton. (Adv)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU