Tujuh Jenderal dari BIN Hadiri Penyambutan Kapolda Sultra

3,129
Pejabat Utama Polda Sultra bersama dengan sejumlah jenderal dari Badan Intelejen Negara (BIN) saat berada di Polda Sultra menghadiri penyambutan Kapolda. Foto : Nuryadi

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Serah terima jabatan(Sertijab) Kapolda Sulawesi Tenggara tidak hanya dimeriahkan dengan banyaknya karangan bunga di sepanjang pagar dan halaman Polda. Sejumlah jenderal dari Polri dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di Jakarta datang menghadiri  seremoni penyerahan jabatan Anoa 1, panggilan udara Kapolda Sultra.

Ada tujuh jenderal yang ikut ke Kendari saat penyambutan Kapolda yang digelar Jumat (12/11/2021) di Polda Sultra. Ada yang berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) dan paling banyak Brigadir Jenderal (Brigjen). Tujuh jenderal itu diantaranya Irjen Bonar Sitinjak, Brigjen Barito, Marsekal  Pertama TNI Priyana, Brigjen Yayat Popon, Brigjen Barito, Brigjen Pol Toni Hermawan, dan Brigjen TNI Haryani.

Kapolda Sulawesi Tenggara, Irjen Teguh Pristiwanto mengatakan tujuh jenderal yang datang saat penyambutannya di Polda Sultra merupakan kawan-kawannya saat bertugas di Badan Intelejen Negara. ” Ada tujuh jenderal yang datang. Mereka rekan-rekan saat di BIN,” kata Teguh Pristiwanto.

Mantan Kapolda Sultra Irjen Yan Sultra Indarajaya berfoto bersama sejumlah PJU Polda usai Sertijab. Foto : Nuryadi
Related Posts

Jenderal Abiturien Akademi Kepolisian tahun 1988 B ini mengatakan, kehadiran jenderal-jenderal yang bertugas di BIN itu atas undangannya. Dari tujuh jenderal yang datang bersamanya, terbanyak dari Polri. Jumlahnya ada 5 orang. Salah satunya bahkan pernah bertugas di Polda Sultra sebagai Kapolres Konawe. Jenderal tersebut adalah Brigjen Barito. Sementara dari TNI ada dua orang, satu dari TNI Angkatan Darat satunya dari Angkatan Darat.

Selain  tujuh jenderal ini, ada juga perwira Polri dan TNI dari BIN berpangkat perwira menengah (Pamen) yang hadir dalam prosesi kenal pamit tersebut. Sementara pejabat TNI dan Polri di Sultra yang hadir diantaranya Kepala BIN daerah Sultra Brigjen Raden Toto, dari KOREM I43 Halu Oleo,  Angkatan Laut serta dari Angkatan Udara Kendari. Kapolres di jajaran Polda Sultra juga terlihat hadir dalam acara tersebut.

Penyambutan Kapolda Sultra diawali dengan tari Mondotambe dan tradisi pedang pora. Selanjutnya Kapolda Sultra disambut sejumlah pejabat utama yang berjejer dari pintu masuk halaman hingga pintu masuk kantor Polda.

Setelah itu, dilanjutkan dengan Farawel Parade di lapangan Polda Sultra. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Pataka Dharma Chakti Raharja dari Kapolda Sultra yang lama Irjen Yan Sultra kepada Irjen Teguh Pristiwanto. Sertijab diakhiri dengan pelepasan Irjen Yan Sultra Indrajaya bersama istrinya dari gedung Polda menuju pintu keluar halaman Polda.

Penulis : Mukhtar
Editor : Nuryadi

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU