Vaksinasi Belasan Ribu Warga, Pemkab Bombana Gunakan Tiga Jenis Vaksin

150
Andi Ira Anggraeny

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Program sepekan vaksin tahap sembilan di Kabupaten Bombana sudah mulai dilaksanakan Jumat (5/11/2021). Sebanyak 19 ribuan warga jadi target vaksinasi. Pemerintah Kabupaten Bombana melalui Dinas Kesehatan setempat menyiapkan tiga jenis atau merek berbeda untuk menyuntikan vaksinasi covid-19 kepada belasan ribu penduduknya tersebut.

“Untuk program sepekan vaksinasi saat ini (tahap sembilan), kita menggunakan tiga jenis vaksin yakni Sinovac, Moderna dan Pfizer,” kata Andi Ira Anggraeny, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Bombana, Selasa (09/11/2021). Andi Ira bilang, ketiga merek vaksinasi ini sudah didistribusikan disemua puskesmas yang ada di Bombana.

Dari tiga jenis vaksinasi covid-19 ini, merek Pfizer yang baru pertama kali dipakai selama vaksinasi dicanangkan maupun pelaksanaan program sepekan vaksin. Sementara dua jenis lainnya sudah umum digunakan di semua sasaran penerima vaksinasi covid-19. Andi Ira mengatakan, penggunaan tiga jenis vaksin ini tidak lain untuk mempercepat capaian vaksinasi covid-19 di Kabupaten Bombana.

-IKLAN-

Kata Andi Ira, meski jenisnya berbeda namun manfaat tiga jenis vaksinasi ini tetap sama. Yakni mempercepat terbentuknya herd immunity dan antibody. Meski begitu, penggunaan tiga vaksinasi ini harus tetap sama saat suntikan dosis 1 ke dosis 2. “Kalau dosis satu disuntikan sinovac maka dosis duanya harus merek sinovac juga. Begitu juga jika jenis moderna atau pfizer yang diterima dosis satu, maka dosis dua harus merek yang sama pula,” sambungnya.

Andi Ira mengatakan, dari tiga jenis vaksin yang digunakan dalam sepekan vaksinasi tahap sembilan ini, jenis moderna hanya dikhususkan bagi mereka yang berusia diatas 18 tahun, termasuk tenaga kesehatan. Sedangkan sinovac dan pfizer bisa diberikan kepada semua penerima vaksin. “Untuk pekan 9 ini, sinovac diprioritaskan untuk remaja atau masyarakat yang akan menerima dosis dua. Sedangkan mereka yang akan menerima dosis 1 diberikan pilihan moderna atau pfizer. Sudah ada surat tata laksana dari Kemenkes.  Kalau untuk dosis satu vaksin yang diberikan ada pfizer, moderna dan sinovac,” ungkapnya.

Penulis : Nuryadi

Editor : Nuryadi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU