Peringati Sumpah Pemuda, Samahuddin: Peran Pemuda yang Bersatu, Bangkit dan Tumbuh untuk Kemajuan Daerah Buteng

357
Bupati Buton Tengah, H. Samahuddin bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda. Foto: Ist. 

BUTON TENGAH, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mengelar upacara  peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 dengan tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh, di halaman Kantor Bupati Buteng, Kamis (28/10/2021). Dalam acara ini, Bupati Buton Tengah, H. Samahuddin bertindak sebagai inspektur upacara.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini turut dihadiri Ketua DPRD Buteng bersama anggota DPRD lainnya, staf ahli dan asisten bupati, serta para kepala OPD. Para pelajar juga tampak hadir dengan mengenakan pakaian adat nusantara dan membacakan ikrar sumpah pemuda pada upacara tersebut.

H. Samahuddin mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda sesuai tema Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh adalah visi peran pemuda untuk kemajuan bangsa dan negara. Selain itu merupakan bagian komitmen dan ikrar para pemuda yang telah dibangun pada masa silam dengan lahirnya Sumpah Pemudah sejak tahun 1928.

“Bahwa tema Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh sesungguhnya diperuntukkan bagi seluruh elemen bangsa khususnya masyarakat Kabupaten Buteng. Peran pemuda sangat penting untuk memberikan kontribusi seperti halnya pandemi Covid-19. Karena di tangan mereka Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan dan melangkah maju untuk percepatan pemulihan ekonomi Indonesia yang lebih baik,” ungkapnya.

Momentum Hari Sumpah Pemuda, diharapkan menjadi semangat persatuan dan kesatuan pemuda dalam mewujudkan kemajuan bangsa dan negera Indonesia, khususnya di Kabupaten Buteng. Peran pemuda yang memiliki ide, gagasan, karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan bangsa.

“Kami harapkan pemuda sebagai agen perubahan. Untuk itu, pada momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu menjadi perekat persatuan di Kabupaten Buteng untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda dengan bersatu, bangkit, dan tumbuh,” harap Samahuddin.

Reporter: Ahmad Subarjo

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU