Remaja Jadi Prioritas Program Sepekan Vaksin Tahap Lima

174

 

Kepala Badan Keuangan Daerah Bombana, Darwin Ismail (kiri) didampingi Kepala Dinas Kominfo Bombana, Sofyan Baco. Foto : Adhi/Nuryadi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Kategori remaja menjadi prioritas pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dalam program sepekan vaksin tahap kelima di Pemkab Bombana. Dari 8.228 target vaksinasi di tahap ini, pemerintah setempat menargetkan 6.688 orang remaja akan mendapatkan suntikan vaksin virus corona. Selebihnya, diporsikan buat masyarakat umum, pelayan publik dan tenaga kesehatan (nakes).

“Untuk program sepekan vaksinasi tahap lima ini, sasaran paling banyak adalah kelompok remaja umur 12 hingga 17 tahun ini. Jumlahnya lebih dari 75 persen dari total sasaran atau target yang akan divaksin di tahap ini (tahap lima),” kata Darwin, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana.

Darwin mengaku, pihaknya bukan tanpa alasan menjadikan kelompok remaja sebagai prioritas vaksinisasi terbanyak. Selain waktu pelaksanaan vaksinasi tahap kelima ini bertepatan dengan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di semua sekolah jenjang SMP atau sederajat, juga untuk menambah tercapainya target vaksinasi di kelompok remaja.

Mantan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bombana ini mengaku, hingga Selasa (19/10/2021), dari 15.597 sasaran vaksinasi di kelompok remaja, yang sudah mendapatkan vaksinasi covid dosis satu sebanyak 7.003 atau sekitar 44,90 persen. Sementara dosis dua sekitar 3.649 atau sekitar 23,40 persen.

Sasaran vaksinasi kelompok remaja ini dipastikan akan terus mengalami kenaikan sebab, pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bombana masih tetap dilanjutkan selagi stok vaksin masih tersedia. Tidak hanya itu, tenaga kesehatan di seluruh puskesmas di Kabupaten Bombana, juga tetap menerima masyarakat dari kelompok manapun untuk mendapatkan vaksinasi covid-19.

“Kalau ada warga yang mau vaksin, silakan datang ke puskesmas-puskesmas atau gerai-gerai vaksin terdekat. Cukup perlihatkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (kartu keluarga) pasti dilayani,” sambungnya. Meski menjadikan kelompok remaja sebagai prioritas, dalam program sepekan vaksin tahap kelima ini juga tetap menerima kelompok masyarakat lainnya.

Mulai dari masyarakat umum, pelayan publik untuk dosis 1 dan nakes di dosis 3. Target vaksinasi covid-19 di tiga kelompok ini sekitar 1.540 orang. Semuanya tersebar di seluruh desa dan kelurahan di 22 Kecamatan di Kabupaten Bombana.

Penulis : Nuryadi

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU