Dinkes Kota Kendari Siapkan Vaksin Moderna dan Sinovac, Warga Bebas Pilih Vaksin

413
Vaksin moderna. Ist. 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Dinas Kesehatan Kota Kendari mulai melayani menyuntikan vaksin moderna bagi masyarakat umum. Kepala Dinkes Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengatakan, penyuntikan vaksin moderna bagi warga hanya akan diberikan hingga dosis kedua. Berbeda dengan tenaga kesehatan yang akan diberikan hingga dosis ketiga.

“Untuk vaksin moderna ini akan didistribusikan oleh pamerintah untuk masyarakat. Nantinya pemberian vaksinasi moderna untuk masyarakat umum hanya sampai dua dosis saja,” ujarnya melalui telepon Sabtu (25/09/2021).

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan pilihan kepada masyarakat untuk menentukan jenis vaksin yang akan disuntikkan yakni moderna atau sinovac. Masyarakat yang ingin menerima vaksin moderna, dapat diperoleh di kantor Dinas Kesehatan Kota Kendari dan di Puskesmas terdekat.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Untuk vaksin moderna dan sinovac sebenarnya tidak ada perbedaan. Sama-sama untuk membentuk imun tubuh sehingga diyakini dapat mencegah risiko terinfeksi Covid-19, apalagi vaksin ini telah melalui pengkajian dan mendapatkan persertujuan dari pemerintah pusat,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, vaksin moderna tersebut sangat baik, terlebih lagi vaksin moderna tidak menggunakan virus yang dilemahkan, melainkan menggunakan komponen materi genetik yang membuat sistem kekebalan tubuh memproduksi spike protein. Hal ini akan memicu sistem imun untuk menghasilkan antibodi yang bisa melindungi tubuh saat terinfeksi Covid-19.

“Kami berharap hadirnya beragam pilihan dosis vaksin dapat mendorong animo masyarakat untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi guna mencapai kekebalan kelompok sebagai upaya mempercepat penanganan pandemi global Covid-19,” tutupnya.

Reporter: Sri Ariani

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU