Tingkatkan Literasi, Pemkot Kendari Luncurkan Aplikasi “E-Library”

188
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, menghadiri peresmian E-library. Foto: Humas Pemkot Kendari.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Kendari resmi melaunching aplikasi E-library atau Perpustakaan Elektronik untuk jenjang SD dan SMP se-Kota Kendari pada Rabu (15/09/2021). Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, turut hadir dalam kegiatan yang berlangsung di aula Perpustakaan SMPN 1 Kendari ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Kendari, Makmur menjelaskan bahwa aplikasi E-library ini diluncurkan untuk mendukung program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI tentang digitalisasi sekolah. Selain itu mewujudkan visi Kota Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi, teknologi dan informasi, sehingga mempermudah seluruh akses layanan pendidikan yang ada di Kota Kendari. Kini, sebanyak 88 SD dan 19 SMP di Kota Kendari dapat mengakses layanan buku yg ada di aplikasi E-library.
Sementara itu, Sulkarnain Kadir mengatakan bahwa peran perpustakaan merupakan hal yang penting bagi perkembangan kemampuan literasi bagi siswa-siswi. Sehingga hadirnya aplikasi E-library ini dapat mempermudah siswa-siswi untuk mencari literasi secara online. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, siswa-siswi dapat mencari literasi tersebut tanpa harus datang langsung ke perpustakaan yang dapat memungkinkan terjadi pertemuan dan kontak fisik dengan orang lain.
Ia juga meminta kepada para guru dan orang tua di rumah agar dapat mendorong anak-anak agar  mau membaca buku. Karena membaca buku dapat membuka dan menambah wawasan.
“Hadirnya E-library ini merupakan hal yang penting. Namun ini harus terus dikembangkan sehingga semua sekolah dan siswa-siswi dapat mengakses aplikasi ini. Semoga dengan hadirnya E-library dapat meningkatkan minat membaca pada anak-anak kita sehingga wawasan mereka bertambah sehingga lebih muda bagi mereka untuk mencapai cita-citanya”, pungkasnya.

 

Reporter: Roro

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU