Puan Maharani Galang ASEAN Bersatu Tangani Pandemi Covid-19

123
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

 

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak segenap negara-negara anggota ASEAN untuk bersatu, membangun kolektivitas dalam menangani pandemi Covid-19. Ajakan ini disampaikan oleh Puan mengingat saat ini negara-negara di kawasan Asia Tenggara sedang mengalami gelombang baru penularan Covid-19 varian delta yang sangat tinggi.

Menurut Puan, negara-negara di kawasan Asia Tenggara mengalami nasib yang sama sehingga perlu bersatu menghadapi pandemi ini. Berdasarkan data WHO pada 16 Juli 2021, terdapat sedikitnya 6 juta kasus Covid-19 secara kumulatif di negara-negara anggota ASEAN, atau sekitar tiga persen dari total kasus secara global.

“Saat ini kita harus bersatu, menguatkan solidaritas untuk menghadapi pandemi,” kata Puan, dalam keterangannya, Minggu (8/8/2021).

Dikatakan, negara-negara anggota ASEAN perlu menyatakan musuh bersama saat ini bernama virus Covid-19. Puan mengajak petinggi negara-negara ASEAN mengingat kembali semangat persatuan di kawasan saat perhimpunan ini didirikan pada 8 Agustus 1967 silam. Perhimpunan ini dibangun dengan harapan negara-negara yang bernaung di bawahnya bekerja sama dalam berbagai sektor. Semuanya bisa menjalin hubungan yang bermanfaat dan saling menguntungkan.

“Sekarang bagaimana semangat pendirian ASEAN itu kita terjemahkan dalam penanggulangan Covid-19 saat ini,” imbuhnya dikutip dari asiatoday.id.

Puan mengungkapkan, bila masih ada negara yang mengalami lonjakan kasus, pasti akan mempengaruhi negara lainnya. Dari segi kedekatan kawasan dan struktur wilayah, kemungkinan penularan itu akan selalu ada.

“Jadi, kesembuhan satu negara harus dibarengi dengan negara lainnya untuk mencapai ASEAN yang bebas Covid-19,” tutur Puan.

“Indonesia bukan satu-satunya negara ASEAN yang belakangan ini mengalami lonjakan Covid-19. Persamaan kawasan dan kondisi yang sedang kita alami saat ini membuat ASEAN harus saling mendukung. Dengan persatuan, kita bisa membangun kekuatan,” tandasnya. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU