Program Implementasi Germas: Dari Kosumsi Makanan Sehat Hingga Vaksin Covid-19

724
Sinonggi, makanan khas Sulawesi Tenggara yang bergizi tinggi. Foto: Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menciptakan sumber daya manusia yang kuat. Salah satunya dimulai dari kesehatan masyarakatnya. Karena dengan terciptanya masyarakat yang sehat, maka akan tercipta generasi yang produktif, mandiri dan terutama sehat secara fisik.

Seperti diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Kendari, Hj. Nahwa Umar, Forum Diskusi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) Tingkat Kota Kendari pada (17/06/20210), bahwa berbagai riset yang  dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa kasus kematian akibat penyakit tidak menular lebih besar daripada penyakit  menular. Oleh karena itu ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Kendari agar menerapkan pola hidup sehat pada kehidupan sehari-hari.

 

Sekretaris Daerah Kota Kendari juga menungkapkan bahwa Pemerintah Kota Kendari saat ini telah melakukan beberapa program implementasi Germas, diantaranya membuat senam peregangan versi Kota Kendari dengan menggunakan lagu daerah Tolaki. Melakukan senam peregangkan yang dilakukan di lingkungan kerja pada pukul 10.00-14.00 Wita. Menyajikan menu makanan tradisional yang sehat, serta snack buah dan sayur pada kegiatan rapat atau pertemuan lainnya.

 

Hal yang tak kalah penting adalah memastikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di setiap kantor atau instansi, menerapkan dan mengoptimalkan kawasan tanpa rokok di setiap kantor instansi pemerintah dan menyukseskan program vaksinasi Covid-19 di Kota Kendari.

 

“Beberapa program tersebut telah dan sedang kami (pemkot) lakukan di Kota Kendari. Oleh karena itu, kami dapat simpulkan bahwa program Germas di Kota Kendari telah tersosialisasi di setiap instansi pemerintah, swasta, maupun masyarakat. Namun, hal ini membutuhkan komitmen yang kuat dari masing-masing komponen untuk pelaksanaannya. Mudah-mudahan dengan pertemuan ini masing-masing instansi lebih semangat lagi dalam melaksanakan program germas”,  tuturnya.

 

Selain itu, guna memerangi virus Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kota Kendari, ia tak lupa untuk terus mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kota Kendari, termasuk ASN Lingkup Pemerintah Kota Kendari agar dapat berpartisipasi dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19 di Kota Kendari.

“Insyaallah jumlah vaksin yang kami sediakan cukup untuk seluruh masyarakat di Kota Kendari. Tinggal kesadaran dari masyarakat saja agar mau divaksin demi kesejahteraan kita bersama, supaya virus Covid-19 ini segera hilang dari bumi kita ini”, pungkasnya.

 

Untuk diketahu, saat ini program vaksinasi Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, TNI dan Polri. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan Polres, rumah sakit hingga pemerintah di tingkat kecamatan dan lurah.  Vaksinasi ini sesuai dengan program Presiden Joko Widodo untuk melakukan satu juta vaksin dalam sehari.

Reporter: Ilma

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU