Smelter Nikel Perusahaan China PT IWIP Terbakar, Belasan Orang Terluka

1,139

 

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Kebakaran hebat terjadi kawasan smelter nikel perusahaan China, PT Indonesia Weda Bay Industri Park (IWIP) di Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara. Belum dipastikan adanya korban jiwa, namun belasan orang dilaporkan terluka dalam insiden ini.

Aparat kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran. Dugaan sementara, kebakaran terjadi diduga akibat percikan api dari sebuah tungku dari dalam smelter. Tanpa diduga, api dengan cepat membakar bangunan. Beberapa pekerja yang terjebak di smelter sempat direkam vidio amatir karyawan. Kebakaran diketahui terjadi pada Selasa (15/6/2021).

Polisi masih berupaya mengidentifikasi para korban, lima korban di antaranya diterbangkan ke Jakarta untuk mendapatkan penanganan medis. Sementara korban lainnya masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Weda, Ibu Kota Kabupaten Halmahera Tengah. Kepala Bidang Humas Polda Maluku Utara, Kombes Pol Adip Rojikan membenarkan terjadinya kebakaran itu.

“Memang benar ada kejadian (kebakaran) kemarin. Kepolisian khususnya Polres Halmahera Tengah hingga saat ini sudah di TKP untuk melaksanakan olah TKP dan melakukan langkah penyelidikan selanjutnya,” ujar Adip, dikutip dari asiatoday.id.

Sementara itu, manajemen PT IWIP belum memberikan penjelasan terkait insiden tersebut. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU