WHO Desak China Kooperatif Investigasi Asal-Usul Covid-19

175
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

JENEWA, LENTERASULTRA.COM – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mendesak China untuk bersikap kooperatif dengan investigasi asal-usul Covid-19. Seruan itu disampaikan Tedros usai mengikuti KTT G7 secara virtual, Sabtu (12/6/2021). Tedros menyerukan adanya kerja sama dan transparansi yang lebih baik dalam menjalankan fase berikutnya dari penelusuran asal muasal Covid-19.

“Kita membutukan kerja sama dari China. Kita memerlukan transparansi untuk memahami atau mengetahui atau mencari sumber dari virus ini,” ujarnya, sebagaimana dilaporkan Hindustan Times pada Minggu (13/6/2021).

Menurut Tedros, persiapan untuk melakukan langkah-langkah lanjutan terkait investigasi asal-usul Covid-19 sedang berjalan, dan isu tersebut juga dibahas dalam KTT G7 di Inggris.

Sebelumnya pada pekan ini, Amerika Serikat (AS) dan Inggris menyampaikan dukungan mereka terhadap proses independen dan transparan dari investigasi lanjutan asal-usul Covid-19 yang akan dilakukan WHO.

“Kami mendukung proses cepat, transparan, dan independen berbasis bukti untuk fase selanjutnya dari studi asal-usul Covid-19 yang digelar WHO,” demikian pernyataan gabungan Presiden AS Joe Biden dan PM Inggris Boris Johnson, dikutip dari asiatoday.id.

Belakangan, seruan untuk menginvestigasi asal-usul Covid-19 semakin meningkat. Biden juga telah memerintahkan jajarannya untuk membuka penyelidikan baru mengenai misteri bagaimana pandemi Covid-19 dapat terjadi.

Hipotesis mengenai Covid-19 berasal dari laboratorium di kota Wuhan, China juga kembali menjadi sorotan.

Dr Anthony Fauci, kepala penasihat medis Biden, mengatakan bahwa hipotesis tersebut tidak bisa sepenuhnya digugurkan dan perlu diselidiki lebih lanjut. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU