Peluang Ekspor Indonesia Terbuka Lebar  ke Wilayah Amerika dan Eropa

587

Digital Forum Bisnis Indonesia-Amerika Latin dan Karibia (INA-LAC) Resmi Diluncurkan

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

BATAM, LENTERASULTRA.COM – Dalam rangka mendorong diplomasi ekonomi, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mendorong pelaku usaha di Kota Batam dan Kepulauan Riau melakukan penetrasi pasar non tradisional produk ekspor Indonesia ke wilayah Amerika Latin dan Karibia, serta Eropa Tengah dan Timur.

Para pelaku usaha kini bisa memanfaatkan kegiatan forum bisnis yang akan diselenggarakan untuk penetrasi pasar Eropa Tengah dan Timur pada bulan Juli 2021 dan wilayah Latin Amerika dan Karibia pada bulan Oktober 2021. Kemlu akan menggunakan platform digital yang telah dikembangkan untuk memfasilitasi kegiatan forum bisnis yang diharapkan dilakukan secara hybrid, sebagaimana disampaikan

“Pandemi Covid-19 memerlukan semuanya melakukan inovasi dan tingkatkan kreativitas, termasuk diplomasi ekonomi Kemlu dalam mendukung Kementerian/Lembaga terkait untuk tingkatkan kinerja ekspor dan investasi,” ujar Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Duta Besar Ngurah Swajaya, pada kegiatan Sosialisasi dan Penggalangan Pengusaha dalam memanfaatkan Peluang Pasar Wilayah Amerika dan Eropa, Kamis (15/4/2021).

Dikutip dari asiatoday.id, Kemlu berkomitmen melakukan berbagai upaya terobosan, termasuk pelaksanaan forum bisnis virtual, meningkatkan interaksi pelaku bisnis, termasuk sosialisasikan Undang-Undang Cipta Kerja dan membantu proses perundingan perjanjian perdagangan atau kerja sama kemitraan ekonomi komprehensif.

Duta Besar Ngurah Swajaya menjelaskan pengalaman pelaksanaan Ina-Lac Business Forum secara hybrid tahun lalu justru menghasilkan kontrak dagang yang lebih besar dari tahun sebelumnya yang dilakukan secara presensial, yakni sekitar USD71,02 juta atau Rp998,32 miliar serta potensi kesepakatan bisnis senilai USD14,36 juta atau Rp202,34 miliar.

Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid tersebut membahas peluang dan tantangan perdagangan, investasi dan pariwisata Indonesia dengan negara-negara Amerika Latin dan Karibia serta Eropa Tengah dan Timur, platform digital www.ina-lac.com (Indonesia – Latin America and the Caribbean), serta sosialisasi perjanjian perdagangan antara Indonesia  dengan European Free Trade Association dalam bentuk Indonesia – EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA).

Dalam kegiatan dimaksud, disampaikan pula rencana kegiatan forum bisnis “Indonesia-Latin America and the Carribean Business Forum” (INA-LAC BF 2021) dan “Indonesia-Central and Eastern Europe Business Forum” (INA-CEE BF 2021).

Kedua forum bisnis ini terbuka untuk para pelaku usaha di Indonesia dapat berinteraksi, saling mengenal, dan berdiskusi mengenai peluang kerja sama bisnis dengan pengusaha asing dari kawasan. Kegiatan Sosialisasi dan Penggalangan Pengusaha dilanjutkan dengan kunjungan ke sektor industri dan investasi di Batam, antara lain BP (Badan Pengusahaan) Batam, Panbil Industrial Estate, PT. Hydril Indonesia, dan studio animasi Kinema Infinite. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU