Indonesia Komitmen Lestarikan 6 Situs UNESCO Global Geopark

178
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

 

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Indonesia berkomitmen penuh untuk melindungi dan melestarikan situs global geopark yang telah ditetapkan oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO).

Keenam situs itu termasuk Belitong Geopark yang baru ditetapkan dalam UNESCO Global Geopark, Kamis (15/4/2021).

“Indonesia berkomitmen untuk terus melanjutkan upaya perlindungan dan pelestarian situs geopark dan di saat yang bersamaan, memanfaatkan kekayaan situs tersebut untuk mempromosikan ekonomi masyarakat lokal secara berkelanjutan,” demikian siaran pers Kedutaan Besar Republik (KBRI) Paris, Jumat (16/4/2021).

Belitong merupakan geopark nasional Indonesia keenam yang masuk ke dalam daftar UNESCO Global Geopark. Sebelumnya, Indonesia telah berhasil mendaftarkan Kaldera Toba, Batur, Ciletuh, Gunung Sewu, dan Rinjani. Berbagai upaya yang dapat dilakukan adalah pengembangan geo-pariwisata dan geo-edukasi yang dapat membuka peluang untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih luas bagi masyarakat lokal melalui promosi budaya dan produk lokal.

“Indonesia juga berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran dan melibatkan masyarakat untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan di situs geopark,” jelas KBRI Paris, dikutip dari asiatoday.id.

Melalui UNESCO Global Geopark Program, Indonesia dapat memanfaatkan jaringan Global Geoparks Network dan Asia Pacific Geoparks Network untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam upaya mengelola situs geopark dengan mengedepankan aspek pendidikan, sains, pemberdayaan masyarakat lokal, dan pembangunan berkelanjutan.

Penetapan Belitong sebagai UNESCO Global Geopark dilakukan dalam Sidang ke-211 Dewan Eksekutif UNESCO yang diselenggarakan secara virtual dari Paris, Prancis, kemarin. Dalam sidang itu, Geopark Belitong bersama tujuh nominasi lain direkomendasikan oleh UNESCO Global Geopark Council (UGGC) untuk dienkripsi sebagai UNESCO Global Geopark baru.

“Geopark Belitong, yang terletak di Provinsi Bangka Belitung menjadi salah satu prioritas dalam pembahasan dan berhasil mendapatkan rekomendasi positif untuk dimasukan ke dalam daftar UNESCO Global Geopark,” terang siaran pers KBRI Paris.

Indonesia juga memiliki banyak kekayaan alam dan budaya yang masuk dalam daftar UNESCO antara lain sembilan situs warisan budaya dan alam dan 18 cagar biosfer. (AT Network)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU