Kilang Minyak Terbesar di Indonesia Milik Pertamina Meledak dan Terbakar Hebat

616

Kilang Minyak Terbesar di Indonesia Milik Pertamina Meledak dan Terbakar Hebat

Related Posts

 

INDRAMAYU, LENTERASULTRA.COM – Kilang minyak terbesar di Indonesia milik Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Jabar), meledak dan terbakar hebat pada Senin (29/3/2021) dinihari. Sejauh ini belum dipastikan penyebab peristiwa kebakaran yang melanda kilang berkapasitas 125 ribu barel per hari.

Dikutip dari asiatoday.id, kobaran api terlihat membumbung tinggi dan terpantau dari jarak jauh. Langit di wilayah Indramayu diselimuti asap merah menyala. Akses jalan antara Indramayu–Cirebon untuk sementara ditutup total. Sejumlah mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Aparat kepolisian dan TNI telah berada di lokasi kebakaran untuk mengamankan area kebakaran.

Sebagai referensi, PT Pertamina (Persero) menargetkan Refinery Unit (RU) VI Balongan bisa menjadi kilang minyak terkemuka di Asia pada tahun 2025. Kilang Balongan ini termasuk kilang yang paling modern milik Pertamina. Kilang ini mampu memproduksi BBM dengan margin tinggi, yaitu produk bahan bakar khusus.

Keunggulan dari kilang ini adalah mampu memproduksi bahan bakar ramah lingkungan, di antaranya Pertamax Plus, Pertamina Dex, dan Pertamax Turbo. Selain itu, di kilang ini tidak ada bahan yang terbuang karena semua dapat dimanfaatkan.
Kilang Balongan sendiri merupakan salah satu dari enam kilang minyak yang dimiliki oleh PT Pertamina (Persero). Lima kilang yang lain yaitu Kilang Dumai, Plaju, Cilacap, Balikpapan, dan Kilang Kasim yang berada di Sorong, Papua.

Dengan kapasitas produksi 125 ribu barel per hari, Kilang Balongan bertugas menjaga pasokan BBM dan BBK wilayah ring satu Indonesia yaitu Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU