Temuan Gunung Emas di Kongo, Potensinya Capai 90 Persen Mineral Berharga di Dunia

5,612
Foto: Ist.

KIVU, LENTERASULTRA.COM – Penemuan gunung emas di Kongo, Afrika menggegerkan dunia. Pasalnya gunung di Luhihi, di Provinsi Kivu Selatan, Kongo itu mempunyai potensi 60 hingga 90 persen emas. Dilansir dari Unilad, sebuah video yang menunjukkan gunung emas itu berasal dari Republik Demokratik Kongo, Afrika. Setelah berita tentang emas yang digali dari gunung emas Kongo tersebar di daerah tersebut, ribuan orang bergegas ke gunung dan memulai perburuan harta karun tersebut.

Gunung tersebut mempunyai kandungan 90 persen emas. Pihak berwenang harus melarang penambangan di sebuah desa di Republik Demokratik Kongo setelah gunung yang kaya kandungan emas ditemukan.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Seperti dikutip dari Asiatoday.id, Venant Burume Muhigirwa, Menteri Pertambangan Kivu Selatan mengatakan, masuknya penggali membuat ramai desa kecil tempat gunung itu berada, sekitar 50 km (30 mil) dari ibu kota provinsi, Bukavu.

Tanah di gunung tersebut diperkirakan terdiri dari ’60 persen hingga 90 persen emas, menurut laporan BBC Tori Pesin. Penambangan subsisten, seperti yang terlihat dalam video itu, melibatkan penggali liat dengan alat-alat yang belum sempurna dan umum di seluruh Republik Demokratik Kongo, lapor Reuters.

Penambangan emas tradisional dikatakan tersebar luas di timur penghasil emas dan timur laut negara itu, tetapi keputusan yang dikeluarkan pada hari Senin, 1 Maret, mengharuskan semua penambang, pedagang dan anggota angkatan bersenjata Kongo (FARDC) meninggalkan lokasi tambang di sekitar daerah Luhihi. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU