Komisioner dan Staf KPU Bombana Jalani Rapid Test, 9 Diantaranya Reaktif

716
Sekretaris KPU Kabupaten Bombana, Andi Agusaling (kanan) saat menjalani rapid rest anti bodi di kantornya. Foto : Istimewa

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-  Penduduk Kabupaten Bombana yang terpapar Covid-19 masih saja ditemukan. Dalam sebulan terakhir, hampir setiap hari selalu ada warga yang dilaporkan terkonfirmasi positif. Persoalan ini cepat disikapi Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Tak ingin ada klaster dari KPU, lembaga penyelenggara pemilu di Bombana bergerak cepat mencegah penyebaran Covid-19. Langkah yang dilakukan adalah melaksanakan rapid test bagi seluruh staf dan komisioner. “Rapid test ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 serta bentuk kepatuhan KPU Bombana atas instruksi KPU RI,” kata Andi Agusaling, sekretaris KPU Bombana, Rabu (23/12/2020).

Andi Agusaling bilang, rapid test di lingkup KPU Bombana digelar selama dua hari yakni Jumat, 18 dan Senin, 21 Desember 2020 di sekretariat KPU Bombana. Tercatat 41 orang yang ikut swab test. Mereka terdiri dari 5 orang komisioner serta 36 lainnya, staf dan pegawai KPU.

Dari hasil rapid test anti bodi tersebut, 9 staf KPU dinyatakan reaktif. Temuan ini langsung ditindaklanjuti dengan swab test PCR di lokasi yang sama. Hasilnya sambung Andi Agusaling, belum diketahui karena masih menunggu hasil dari laboratorium kesehatan di Kendari.

“Rapid test kami lakukan, selain menjadi instruksi KPU RI, ini juga merupakan langkah preventif atau tahapan skrining awal guna mendeteksi infeksi atau penularan virus corona d lingkup KPU Bombana. Rapid test ini, juga merupakan bagian dari pelaksanaan program kegiatan dan realisasi anggaran untuk mendukung percepatan penanganan covid 19,” kata Andi Agus, sapaan akrab Andi Agusaling.

Andi Agus juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada klinic Firdaus yang telah memfasilitasi pelaksanaan rapid test maupun swab test tersebut. Sebelumnya lanjut Andi Agus, KPU Bombana juga telah melakukan berbagai langkah pencegahan penyebaran covid 19 d lingkungan KPU Bombana.

Langkah pencegahan yang dilakukan antara lain adalah penyediaan hand sanitizer, menyediakan vitamin dan masker, menyediakan tempat cuci tangan. Pihaknya juga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah pegawai yang hadir d kantor.

“Terakhir saya berpesan kepada seluruh staf KPU Bombana dan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Sebagai sekretaris KPU, saya berharap agar pandemi ini segera berakhir agar kita bisa beraktivitas seperti biasa,” ungkap Andi Agus. (Ads/Adhi)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Pesan Redaksi:
Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU