Peran Saka Bakti Husada Kota Kendari di Tengah Pandemi

839
Anggota Saka Bakti Husada Kota Kendari. Foto: Nurhayatul Islamia. 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Satuan Karya (Saka) Bakti Husada Kota Kendari, semakin gencar mengambil peran dalam mengedukasi masyarakat untuk taat menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran covid-19 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pramuka Saka Bakti Husada merupakan kegiatan dibidang kesehatan, yang dibentuk oleh Kementerian Kesehatan bersama Kwartir Nasional Gerakan Praja Muda Karana (Kwarnas Pramuka) pada 17 Juli 1985. Anggotanya adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang telah mendapatkan pembinaan di Pangkalan serta memiliki pengetahuan dan wawasan dalam bidang kesehatan.

Menyadari tugas dan tanggung jawabnya dalam membantu mewujudkan hidup sehat di lingkungan masyarakat, selama terjadinya pandemi covid-19 mereka turut berada di garda terdepan dengan turun langsung kelapangan mengimbau penerapan 3M kepada masyarakat.

“Sejak awal terjadi pandemi kami langsung dilatih untuk melakukan pencegahan, dan yang utama itu mengimbau diterapkannya 3M, menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ujar Muh Erwansyah,Sabtu(19/12/2020).

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Selama berada di lapangan mereka mengakui masih banyak menjumpai masyarakat yang menyepelekan protokol kesehatan, bahkan ada pula yang masih tidak percaya dengan adanya covid-19.

“Awalnya banyak kita jumpai masyarakat yang tidak peduli dengan wabah ini, yang keluar rumah tak mau pake masker, tapi syukurlah sekarang penerapan 3 M ini mulai jadi kebiasaan dimasyarakat,” ungkapnya.

Selain turut mengimbau, mereka juga rutin bertugas di Puskesmas Lepolepo, di Posyandu dan juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk memantau penerapan protokol kesehatan.

“Biasa di posyandu masih ada warga tidak menggunakan masker, nah itu kami langsung berbagi masker biar warga lebih aman, kami juga terlibat melakukan pengecekan kesehatan, jadi kami harap masyarakat bisa lebih peduli pada dirinya dan juga pada lingkungannya,” tutupnya.(Ads/Nurhayatul Islamia)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibubapakpakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU