Minimalisir Pengangguran, Ketua DPRD SULTRA Imbau Warga Tingkatkan Karya Industri

469
Pembukaan rapat koordinasi forum komunikasi lembaga pelatihan dengan industri (FKLPI) tahun 2020. Foto: Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara, H. Abdurahman Saleh, menghimbau masyarakat untuk tingkatkan keterampilan ditengah pandemi dengan memanfaatkan pelatihan kerja. Hal tersebut ia sampaikan saat membawakan sambutan, pada pembukaan rapat koordinasi para pelaku industri yang ada di Sultra oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari.

“Hadirnya pelatihan ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, sehingga layak sebagai tenaga kerja handal. Ini menjadi tugas kami, membantu mereka agar bisa diberdayakan,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa, dalam sambutannya menegaskan, di Indonesia ada tiga tantangan angkatan kerja yang harus dihadapi yakni demografi, revolusi industri dan dampak pandemi Covid-19. Pada tiga persoalan itu, manusia akan bersaing tidak hanya dengan sesama manusia, melainkan juga harus bersaing dengan teknologi untuk ditaklukkan dalam artian dikuasai.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Tingkat persaingan manusia semakin tinggi, karena tuntutannya harus mampu menguasai teknologi sebagai sarana dasar dalam melakukan kerja-kerja,” jelasnya.

Untuk itu, pemerintah dan masyarakat khususnya para pencari kerja harus lebih fokus memanfaatkan peran serta BLK Kendari dalam mencetak tenaga kerja yang dibutuhkan dunia industri.

“Saya juga berharap, agar melalui rapat koordinasi ini, nantinya terjadi sinergitas antara BLK Kendari dan dunia industri. Bagi BLK Kendari sendiri, perlu melakukan penyesuaian kurikulum berdasarkan kebutuhan industri, sehingga lulusannya benar-benar siap kerja dan mampu menghadapi tiga tantangan dunia kerja saat ini,” tutupnya. (Ads/Ilma)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU