Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Ekonomi di Sultra

523
Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam acara Semarak Pasar UKM. Foto: Herlis

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Pandemi Covid-19 yang melanda berdampak besar terhadap kondisi perekonomian yang ada di Provinsi Sultra. Gubernur Sultra, H Ali Mazi menyebut, terdapat lima dampak yang sangat dirasakan oleh masyarakat dan pelaku-pelaku usaha.

Dampak pertama adalah terganggunya stabilitas ekonomi di daerah dan melambatnya perputaran ekonomi masyarakat. Semua itu terjadi sebab pelaku usaha kekurangan pemasukan dan pengunjung khawatir terpapar Covid-19.

“Kedua, menurunnya pendapatan dan daya beli masyarakat. Kemudian meningkatnya harga kebutuhan pokok,” ujar Ali Mazi, Sabtu (12/12/2020).

Selain itu, orang nomor satu di Sultra mengatakan bahwa dampak lainnya yang dirasakan di sektor ekonomi adalah banyaknya pekerja dan karyawan swasta yang di rumahkan mengalami pemutusan hubungan kerja. Terakhir, rendahnya daya jual beli masyarakat dalam berbagai sektor.

Oleh karena itu, Ali Mazi bakal mengambil beberapa langkah tegas agar kondisi dan stabilitas ekonomi di Sultra dapat membaik meski status pandemi Covid-19 tersebut masih terjadi.

“Melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional, semoga dapat memulihkan produktifitas ekonomi masyarakat dan pelaku usaha bisa bergairah kembali dalam menata ekonomi baru,” ucapnya.

Ia berharap, seluruh pelaku UKM terus berkreasi dalam menghasilkan karya-karya demi kemajuan sektor ekonomi di Sultra. (Ads/Herlis Omputo Sangia).

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibubapakpakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU