Pahlawan Digital UMKM di Tengah Pandemi

644
Dialog produktif pahlawan digital pendukung UMKM. foto: Ist.

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Di tengah situasi serba sulit akibat Covid-19, mengharuskan segala sesuatunya harus dilakukan serba digital. Salah satunya adalah UMKM. Staf khusus Milenial Presiden Joko Widodo, Putri Tanjung, melihat permasalahan tersebut sehingga menginisiasi program pahlawan digital UMKM di tengah pandemi.

Stafsus milenial tersebut menjelaskan, bahwa situasi pandemi ini mengharuskan kita terhubung pada digital, begitupun dengan sektor UMKM. Namun yang menjadi permasalahan, dari sekian banyak UMKM yang ada di Indonesia baru sekitar 10 sampai 11 juta UMKM yang terhubung dengan digital.

Pada saat yang sama, ia melihat banyak anak muda yang kreatif pada bidang digital, yang bisa membantu mendorong pelaku UMKM agar bisa bangkit. hal inilah yang menjadi alasan kemudian ia menginisiasi program pahlawan digital UMKM.

“Ide awalnya itu, pertama karena sesuai data yang ada baru 10 sampai 11 juta UMKM yang terhubung dengan digital, dan kedua banyak anak muda yang kreatif yang hadir dengan inovasi digital untuk membantu UMKM go digital,” jelasnya.

Related Posts

Selanjutnya, Stafsus Menteri Koperasi UKM, Fiki Satari menjelaskan, kondisi UMKM berdasarkan data BPS per September 2020, di bawah 45 persen pelaku UKM hanya dapat bertahan maksimal tiga bulan apabila pandemi masih berlanjut.

“Berdasarkan data BPS per September 2020, itu cukup challenging, karena maksimal tiga bulan pelaku UKM bisa bertahan apabila pandemi tidak berhenti, dan itu di bawah 45 persen,” jelasnya.

Berkaitan dengan hal tersebut melihat dari sisi peluang, berdasarkan data yang ada Indonesia memiliki ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Ini menjadi kesempatan
untuk mendorong pelaku UMKM bisa aktif pada platform digital.

“Secara data Indonesia sendiri memiliki ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Bahkan diproyeksi sampai tahun 2025 nyaris mencapai 2000 triliun. Ini sangat relevan bagaimana kita memobilisasi para pelaku UKM bisa on boar ke platform digital,” jelasnya.

Untuk diketahui, pemilihan pahlawan Digital UMKM dilaksanakan bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020 yang lalu. Pemenang juara pertama diraih Credibook yang digagas oleh Gabriel Frans. Merupakan sebuah platform digital yang fokus pada financial service (jasa keuangan), dan juga membangun ekosistem digital antara pelanggan, pelaku UMKM, dan para pemasok (suplier). (Ads/Ilma)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU